Ondeh Witan, Tapi Sudahlah...

 Pemain Indonesia selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand


JAKARTA-Indonesia bermain imbang dengan Thailand pada laga lanjutan penyisihan Piala AFF di hadapan ribuan penonton yang memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022).


Bukan hasil imbang yang disesali. Tapi, peluang yang disia-siakan Witan Sulaiman. Gawang sudah kosong, peluang yang seharusnya sudah 99,99 persen harusnya jadi gol.

Tapi, bola malah melenceng ke kanan gawang Thailand. Pecinta bola teringat dengan peluang yang didapat Hansamu Yama ketika Indonesia duel dengan Brunei Darussalam. Bola sepakan Hansamu melambung ke atas gawang. Sementara Witan melebar dari gawang. Dua momentum itu, sama-sama gawang sudah kosong.

Pecinta sepakbola di Padang sedih dengan peluang yang disia-siakan Witan Sulaiman. Kalau Witan mencetak gol, maka Indonesia menang atas Thailand. Seandainya menang pula, maka terbuka peluang untuk jadi juara grup. Tapi, sudahlah. 

Andri, seorang pecinta bola di Padang menyebutkan, kalaulah Indonesia tak juara, jangan lagi pelatih yang disalahkan. Dari awal, coach Shin Tae-yong sudah mewanti-wanti, peluang jangan disia-siakan karena tak mudah mendapatkan peluang itu.

"Masa sekelas pemain nasional masih diajari juga cara menendang bola," kata Andri.

Dikatakan Andri, pecinta dan pengamat sepakbola memang paling pintar dalam memberikan analisa. Tapi, hebat menganalisa, belum tentu bisa bermain bola. Meski demikian, pemain nasional tak seharusnya tak pandai memanfaatkan peluang. Lagi-lagi, sudahlah.

Dalam laga yang berlangsung tadi sore, Indonesia unggul lebih dahulu melalui tembakan penalti Marc Klok pada menit ke-50. Kemudian di babak kedua, Sarach Yooyen sukses menyamakan kedudukan di menit ke-79. Laga ditutup dengan kedudukan 1-1 untuk keduanya.

Laga ini juga disaksikan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana, Menpora Zainudin Amali, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan pejabat lainnya.

“Apapun hasilnya, wajib diapreasiasi dan disyukuri. Thailand ini bukan negara sembarangan, dengan hasil ini tim harus bisa lebih evaluasi dan meningkatkan permainannya di laga selanjutnya. Kita wajib kembali memenangkan laga selanjutnya,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Selanjutnya Indonesia menghadapi Filipina (2/1/2023) di Stadion Rizal Memorial, Manila. “Doakan kami kembali bisa menang,” imbuh Iriawan. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama