Penyakit Gatal-gatal Mewabah di Nagari Batu Kalang, Rutin Minum Obat, Badan Jadi Gemuk

 Warga yang terjangkit penyakit gata-gatal dan jadi gemuk akibat rutin minum obat


PARIAMAN-Penyakit gatal-gatal mewabah di Nagari Batu Kalang, Kabupaten Padang Pariaman. Banyak warga yang sekujur tubuhnya gatal-gatal. Warga diimbau segera datang ke puskesmas.

Kepala Puskesmas Padang Sago, Elmis Pendriya Gusna mengatakan, penyakit kulit gatal yang diderita warga masyarakat Nagari Batu Kalang itu dalam bahasa medis dikenal dengan nama scabies. 

Ditambahkan Elmis, gatal-gatal di sekujur tubuh itu bisa disembukan dengan minum obat secara rutin. "Masyarakat yang merasa terjangkit penyakit kulit itu, segera berobat ke Puskesmas Padang Sago," ujarnya.

Pihak puskesmas juga segera menurunkan petugas ke lapangan.

Salah seorang warga yang terjangkit penyakit gata-gatal itu, Yessi Mulyati. Dia mengaku sudah merasakan penyakit gatal itu sejak April 2022 dan sudah dibawa berobat ke puskesmas, tetapi obatnya dirasa tidak mempan melawan penyakit tersebut. 

Bukan cuma Yessi yang tertular penyakit itu. Tapi, seluruh warga yang tinggal se rumah sudah terjangkit gatal-gatal itu.

Akibat minum obat, tubuh malah makin gemuk. Obatnya rutin dikonsumsi tiga kali sehari dan setiap minggu obat ditambah. "Ketika obat dimakan, gatal-gatal di sekujur tubuh berhenti. Akibat makan obat, gapuak kami se-rumah," kata dia.

Wali Korong Puncuruyung Agus Salim ketika dihubungi Jumat (2/22/2022) membenarkan penyakit kulit seperti itu sudah mewabah di Puncu Ruyung. "Yang banyak tertular adaah anak-anak. Warga yang gatal-gatal, kalau malam tidak bisa tidur," katanya.

Warga beranggapan, kalau dibawa ke puskesmas, yang didapat dosis obat rendah sehingga dinilai tidak mampu melawan penyakit. (TKA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama