Tidak Ada Lagi Nagari Tertinggal di Tanah Datar

 Bupati foto bersama dengan penerima penghargaan. (prokopim)


BATUSANGKAR-Sebanyak 27 nagari se Tanah Datar menerima penghargaan dan Lencana Desa Mandiri dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.  Penghargaan diserahkan, Rabu (28/12/2022)  oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra di aula kantor bupati. 


Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMDPPKB, Narti menyampaikan, status desa/nagari ini ditetapkan berdasarkan indeks desa membangun (IDM) yang diatur berdasarkan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2/2016 tentang Indeks Desa Membangun.

“Berdasarkan Permendes PDTT pasal 1 yang dimaksud indeks desa membangun adalah indeks komposit yang dibentuk dari indek ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi, dan indeks ketahanan ekologi nagari,” terangnya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Dikatakan Narti, status kemajuan dan kemandirian desa ditetapkan diklasifikasikan kedalam lima status desa yaitu desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Dikatakan Narti, pada 2016 setelah adanya dana desa dari pusat, di Tanah Datar hanya ada satu status desa mandiri, yaitu Nagari Sungai Tarab, enam nagari dengan status tertinggal, 46 nagari berkembang dan 22 nagari berstatus maju, sementara nagari sangat tertinggal tidak ada.

“Pada  tahun ini perkembangan status nagari di Tanah Datar sudah jauh berbeda, sekarang di Tanah Datar sudah tidak ada lagi desa tertinggal dan terdapat 27 nagari dengan status mandiri, 46 nagari berkembang dan 43 nagari dengan status maju,” ujarnya.

Bupati Eka Putra bangga atas perkembangan yang terjadi di Tanah Datar. Menurutnya ini terjadi karena adanya sinergitas antar lini, sehingga perkembangan nagari terjadi sangat signifikan.

“Terima kasih atas penghargaan ini, ini yang pertama dansSaya apresiasi karena sinergi antar lini berjalan dengan baik. Kalau ini bisa terus kita pertahankan maka seluruh masyarakat Tanah Datar akan sejahtera. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kita untuk menyongsong 2023,” sampainya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama