DOB Bomberai Raya Kembali Dibahas, Kaimana Siap Sambut Provinsi Baru

 PIMPINAN DAERAH-Para pimpinan daerah yang hadiri kajian tentang pembentukan DOB di Wondama, Kamis (26/1/2023). (farid)


KAIMANA-Wacana daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Bomberai Raya yang meliputi Kabupaten Kaimana, Fakfak, Bintuni dan Teluk Wondama kembali dibahas. Hal itu mengemuka dalam pertemuan pimpinan daerah, Kamis (26/1/2023) di Wondama.


Pertemuan tersebut membahas perihal hasil kajian dan penelitian yang dilakukan tim pengkaji DOB Bomberai Raya yang terdiri dari akademisi Universitas Cendrawasih (Uncen) dan Universitas Papua (Unipa). 

Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada hadir dalam pertemuan itu, sekaligus memberikan pengantar mewakili Bupati Kaimana. "Saya hadir mewakili bupati karena beliau mengikuti sidang penetapan APBD 2023. Sekalipun saya yang wakili, saya harap ini tidak mengurangi komitmen mendorong adanya DOB Bomberai Raya," ujar Hasbulla.

Dijelaskannya wakil bupati, pemerintah dan masyarakat Kaimana telah siap menyambut pembentukan Provinsi Bomberai Raya. "Sejak awal, ketika wacana ini digulirkan, kami langsung kumpul dengan masyarakat, ada tokoh adat, ada tokoh agama, tokoh pemuda dan perempun, kami sepakat untuk dorong adanya DOB Bomberai Raya," jelasnya.

Dia juga meminta kepada tim percepatan pembentukan DOB Bomberai Raya agar hasil kajian dan penelitian yang telah dilakukan dapat menjadi komitmen bersama. "Kita punya tokoh akademisi hebat dari Uncen dan Unipa yang sudah lakukan kajian serta penelitian. Hal ini bisa jadi pokok-pokok pikiran dan komitmen kita bersama soal DOB Bomberai Raya," katanya. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama