Emir Hotel Resmi Beroperasi di Lubuk Sikaping, Pariwisata Pasaman Terus Berbenah

Penampilan kesenian dalam grand opening hotel


PASAMAN-Wakil Gubernur Audy Joinaldy resmikan grand opening Emir Hotel & Convention Center di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Minggu (22/1/2023). Wagub mengatakan, hotel merupakan salah satu bagian yang sangat mendukung kepariwisataan. Terlebih dalam tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatera 2023, Sumatera Barat maupun Pasaman memiliki banyak rangkaian event pariwisata.


"Saya lihat Pasaman ini terus berbenah di pariwisata dengan menonjolkan brand Pasaman Land of Equator. Salah satu landmark-nya nanti adalah planetarium," ujar Wagub Audy.

Wagub menyampaikan, untuk pembangunan planetarium yang akan menjadi ikon Pasaman itu, pemprov telah mengalokasikan bantuan keuangan khusus (BKK) Rp8 miliar.

"Ini nanti adalah planetarium satu-satunya di Sumatera. Jadi harus dibangun dengan sungguh-sungguh supaya betul-betul menjadi ikon," katanya.

Menurut dia, dengan adanya hotel dengan fasilitas yang layak dan mumpuni, tentu akan menjadi faktor pendukung bagi ikon wisata Pasaman, serta berbagai destinasi wisata lainnya yang juga tengah dikembangkan.

Wakil Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan, dibukanya Emir Hotel & Convention Center merupakan bukti nyata investasi sebagai salah satu aspek dukungan terhadap pariwisata di Pasaman sudah berjalan baik. Ia menyebutkan, investasi merupakan bagian dari pentahelix yang berperan amat penting dalam memajukan pariwisata.

"Keberadaan sarana akomodasi seperti hotel penting, sehingga kenyamanan para pengunjung untuk berwisata di Pasaman insyaAllah lebih nyaman," ujarnya.

Mengenai pembangunan planetarium, Sabar menjelaskan pihaknya tengah berupaya mempercepat pembangunan planetarium sebagai daya tarik wisata edukasi astronomi di Pasaman. 

"Studi kelayakan sudah dilakukan, kita sudah punya master plan. Rencana induk spot-spot yang akan kita kembangkan," tutur Sabar.

Di Bonjol saja, kata Sabar, terdapat potensi wisata alam, wisata sejarah, edukasi, agro wisata hingga sport tourism yang dapat dikembangkan, belum termasuk kecamatan-kecamatan lainnya. 

Menurut Sabar, Pasaman sebagai tujuan wisata sangat menjanjikan. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama