Harga Ayam Boiler Turun di Padang Panjang, di Padang Bertahan

 HARGA AYAM-Ayam potong di kawasan by pass Padang, dijepret Minggu (29/1/2023).  Harga ayam berbeda di tiap daerah(ZK)


PADANG PANJANG-Pada dua kota, harga ayam berbeda pula. Di Padang Panjang, harga ayam potong boiler mencapai 30.500 per kilogram. Harga itu tercatat turun, sebab sebelumnya harga ayam Rp31.750 per kilogram.


Lain halnya di Padang. Harga ayam Rp25 ribu perkilogram. Harga itu sama dengan pekan sebelumnya. "Harga ayam mengikuti harga pakan ternak," kata pedagang ayam di bilangan by pass Padang, Minggu (29/1/2023).

Setidaknya dua minggu berturut-turut komoditas daging ayam broiler alami penurunan harga dari harga Rp31.750 menjadi Rp30.500 minggu keempat Januari ini.

"Salah satu penyebab turun harga ayam broiler adalah mulai turunnya harga jagung pipilan yang menjadi bahan utama pakan ayam. Di samping itu secara nasional memang terjadi penurunan harga ayam sepanjang Januari ini," kata Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Putra Dewangga, Sabtu (28/1/2023).

Untuk Padang Panjang, ungkapnya, ayam broiler sebagian besar dipasok dari Limapuluh Kota dan Padang Pariaman. Dikatakan Putra, dari sisi konsumen hal tersebut sangat meringankan, namun dari sisi produsen sudah banyak keluhan peternak ayam se-Indonesia. Harga jual dinilai tidak lagi bisa menutupi biaya produksi. "Hal ini akan menjadi perhatian pemerintah ke depan untuk menyelamatkan peternak ayam," sebutnya yang dikutip dari Kominfo. (ed/zainal)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama