Miliki Sejarah Panjang, PSA Sulit Air Terus Berkembang

 Gedung PSA Sulit Air, Kabupaten Solok. (Wan)


SOLOK-Pendidikan Sekolah Agama (PSA)  Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok  memiliki sejarah panjang. Sekolah itu telah banyak melahirkan banyak cendekiawan. Para tamatan juga berprofesi pada berbagai bidang, baik lembaga pemerintahan maupun swasta. 


Hal itu disampaikan kepala sekolah, Irdizon di ruangan kerjanya, Jumat (6/1/2023).  PSA Sulit Air kini terus berkembang.

Dikatakannya, Pendidikan Sekolah Agama lebih dikenal dengan PSA Sulit Air, sudah ada semenjak 1925. Dengan demikian, usianya kini mendekati  satu abad. 

"Sudah banyak cendikiawan dilahirkan PSA ini," ujar Irdizon.

Ditambahkan, PSA Sulit Air berada di bawah Yayasan Yasri. Yayasan itu pendirinya  adalah Prof. Jurnalis Udin.

Merujuk pada sejarah, dulu hanya orang tertentu dapat menempuh jenjang pendidikan. Maka dari itu tergerak hati para tokoh untuk membentuk sekolah  dari surau ke surau dengan memakai sistem halakoh.

"Pada 1987  terbentuknya sekolah tingkat madrasah aliyah sebagai penggerak utama pada masa itu di Nagari Sulit Air," kata Irdizon.

Dalam perkembangannya, PSA berinovasi sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.   "Setiap orang memiliki jalan kesuksesannya masing-masing, maka dari itu ilmu utama kita terapkan motivasi terhadap ilmu dan  tentunya tidak terlepas dari nilai agama," ulasnya.

Sekarang PSA memiliki madrasah tsanawiyah dan tingkat aliyah. (TKA/WAN)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama