Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Dua Kabupaten Jalin Kerja Sama

 TANDATANGANI-Bupati Solok, Epiyardi Asda tanda tangani MoU dengan PemkaB Sijunjung di kantor bupati, Rabu (25/1/2023). (waitlem)


SIJUNJUNG-Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung jalin kerja sama guna memacu pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Kedua daerah sepakat bekerja saling menguntungkan.

Bupati Solok, Epyadi Asda beserta rombongan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) tentang Kerjasama Daerah di kantor bupati, Muaro Sijunjung, Rabu (25/1/2023).

Kabag Pemerintahan Kabupaten Sijunjung Roni menyampaikan, penandatanganan kerjasama ini merupakan rangkaian pelaksanaan kesepakatan bersama antara Pemkab Solok dengan Pemkab Sijunjung.

Dikatakan, tujuan dari kerja sama untuk mengintegrasikan dan pengoptimalan sumber daya yang efektif dan efisien untuk pelayanan publik dan mutu pembangunan daerah, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama tersebut adalah kerjasama wajib antar daerah perbatasan sesuai anjuran dari Mendagri. Jangka waktu berlakunya kerjasama tersebut adalah 5 tahun sejak di tandatanganinya surat perjanjian kerjasama ini,” tambah Roni. 

Epyardi Asda menyampaikan, penandatanganan kerjasama ini merupakan dalam rangka bakti kepada masyarakat Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung.

“Tujuannya meningkatkan ekonomi, Infrastruktur dan kesejahteraan di masing-masing Kabupaten,” ujar Epyardi Asda. 

Hal ini sejalan dengan arahan Kemendagri agar menjalin kerjasama antar daerah, terutama daerah yang saling bertetangga. Diharapkan Kabupaten Solok dan Sijunjung bisa bekerjasama dan membentuk sinergi dengan baik.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir berharap kesepakatan bersama antardua kabupaten ini bisa berjalan dengan baik. “Wilayah Selatan kita dihubungkan oleh Kiliran Jao tembus sampai Alahan Panjang, akan tetapi itu merupakan jalan provinsi dan juga ada sebagian jalan yang akan mejadi akses, tetapi itu juga merupakan hutan lindung,” jelas Benny Dwifa Yuswir. 

Dengan kerja sama ini, jelas Benny Dwifa Yuswir, bisa lebih mudah dalam hal perizinan untuk pembangunan infrastruktur jalan. “Ini merupakan salah satu tempat jalur ekonomi di wilayah selatan yang sangat luar biasa. Dampaknya untuk Kab. Solok dan Kab. Sijunjung yaitu jika jalur tol Dharmasraya tersebut bisa diselesaikan, satu pintunya itu akan berada di Kiliran Jao, yang tembus langsung ke Alahan Panjang,” papar Benny Dwifa Yuswir. (WTL)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama