Pimpinan dan Anggota DPRD Temui Konstituen, Banyak Masukan yang Didapat

BERSAMA-Ketua DPRD, Syafrial Kani bersama warga ketika reses di Nanggalo, Sabtu (21/1/2023). Dalam pertemuan itu, warga menyampaikan banyak hal.  (ist) 

PADANG-Pada awal 2023 ini, pimpinan dan anggota DPRD Padang turun  ke masyarakat melalui reses dalam daerah. Ketika berdialog dengan warga, banyak aspirasi dan masukan tentang pembangunan kota maupun persoalan ekonomi, sosial dan budaya. Masyarakat juga pertanyakan tentang bagaimana cara mendapatkan pokir dari anggota dewan.

Masa reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat. Reses merupakan kewajiban bagi anggota DPRD dalam menjaring informasi untuk kemudian disalurkan. 

Ketua DPRD, Syafrial Kani, reses ke Nanggalo, Jumat (21/1/2023). Ketua dewan menyampaikan tentang tingginya kasus narkotika. Dia juga mengingatkan kalau separuh Kota Padang kini sudah masuk zona merah kasus narkotika.

“Hal ini menjadi perhatian serius oleh pemerintah kota, karena banyak yang menjadi korban gara-gara narkotika,” kata Syafrial Kani ketika reses masa sidang 1 tahun 2023 di Masjid Nur Aqsa, Kampung Koto, Kelurahan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo.

Syafrial Kani juga menyoroti tingginya kasus asusila, yang mana anak-anak dan perempuan dominan menjadi korbannya.

Wakil ketua DPRD bersama masyarakat


“Tingginya kasus asusila terhadap anak dan perempuan juga terus terjadi. Persoalan ini harus ada jalan keluarnya,” imbuhnya.

Syafrial Kani menyebutkan, DPRD akan segera membuat rancangan perda inisiatif yakni Ranperda Masjid Pari­purna untuk menjawab persoalan tersebut.

“Semuanya merupakan masalah kita dan seluruh pihak harus berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Padang. Baik eksekutif maupun legislatif,” kata Ketua Alumni SMAN 5 Padang itu.

Syafrial Kani mengimbau masyarakat, agar kembali menyemarakkan masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga untuk musyawarah, dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah tengah masyarakat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar kembali masjid, kita hidupkan lagi masjid. Tidak sekedar beribadah, namun juga untuk kegiatan lainnya, seperti musyawarah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada saat ini terjadi,” ujar Datuk Rajo Jambi ini.

Pada bahagian lain, Syafrial Kani reses tersebut Ketua DPRD Padang menerima berbagai aspirasi warga Kampung Koto Kelurahan Gurun Laweh termasuk usulan pelebaran jalan hingga bantuan pemberdayaan masyarakat melalui dana pokok pikiran.

“Dalam kesempatan ini, Insya Allah akan kita bantu Masjid Nur Aqsa akan dibantu Rp50 juta dan juga majelis taklim, serta Forum Anak Nagari Nanggalo, ” katanya.

Ketua Yayasan Al Ikhwan, Syaiful menyebutkan sebagai lembaga yang bergerak aktif di bidang penanggulangan narkoba dan dampaknya sejak 2008, angka penyalahgunaan dan yang terpapar pecandu narkoba di Padang sudah sangat mengawatirkan.

“Sepanjang yayasan kami berdiri lebih kurang 1.000 orang yang telah kita rehab. Wilayah orang yang kecanduan meliputi Sumatera Barat dan rata-rata juga banyak dari Padang,” kata Syaiful.

Syaiful menambahkan semua stakeholder harus bahu-membahu untuk masalah tingginya angka penyalahgunaan narkoba di Padang. Dalam reses itu, hadir Kapolsek Nanggalo Iptu Reggy, Ketua Anak Nagari Nanggalp Yuldi Efendi, Ketua LPM Arliardi dan Lurah Gurun Laweh, Juhendri. 

Wakil ketua DPRD sampaikan program ke masyarakat

Reses wakil ketua

Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen dialog dengan warga di aula kantor Camat Padang Utara, Lolong Belanti Padang, Sabtu (21/1/2023).  Reses tersebut dihadiri oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Majelis Taklim Kecamatan Padang Utara.

Arnedi Yarmen memaparkan, aspirasi yang berhasil dihimpun melalui reses nantinya akan diperjuangkan melalui DPRD. ”Saya berharap apa yang menjadi usulan masyarakat dapat disampaikan dalam musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan dan kota,” paparnya.


Wakil Ketua DPRD bersama warga

Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS ini menyampaikan, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu di perjuangkan dan akan minta Pemerintah kota Padang untuk diprioritaskan. ”Intinya, kami selalu siap untuk memperjuangkan aspirasi warga,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasinya. Arnedi Yarmen mengaku akan selalu berjuang demi kesejahteraan masyarakat.

Arnedi Yarmen juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski sekarang Indonesia sudah memasuki masa endemi Covid-19.  “Perjuangan kami untuk kesejahteraan masyarakat tidak akan pernah luntur Jadi saya berharap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. 


Ilham Maulana Jelaskan Penyaluran Bansos

Wakil ketua Ilham Maulana reses di kelurahan Subarang Padang, Kecamatan Padang Selatan.

Bertempat di kediamannya, di Kelurahan Sebarang Padang, Rabu (18/1) ratusan masyarakat menghadiri kegiatan reses anggota DPRD dari Fraksi Demokrat.

Kepada warga, Ilham Maulana mengatakan, reses dilaksanakan untuk menyerap aspirasi masyarakat, baik itu pengusulan mengenai pembangunan fisik dan lain nya yang akan disingkronkan pada saat musrenbang nantinya. “Namun pengusulan/aspirasi tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Dalam penyerapan aspirasi tersebut nanti nya terealisasikan melalui dana pokir anggota DPRD daerah dapil terkait.

“Untuk kelurahan subarang padang dana pokir yang disalurkan melalui salah satu nya pengadaan penerangan jalan umum sebanyak 54 di seluruh kelurahan subarang padang,” jelasnya lagi.

“Kemudian ada 100 lebih masyarakat mengusulkan bansos untuk modal usaha dan bansos untuk bantuan pendidikan,” tuturnya.

Dalam penyaluran bantuan melalui dana pokir tersebut dengan skema bansos masyarakat pengusul atau yang akan menerima harus tercatat dalam data DTKS di nas sosial.

Dalam kesempatan tersebut kader Demokrat ini juga meminta kepada masyarakat agar jangan dobel dalam mengusulkan nama dalam bansos maupun hibah untuk modal usaha karna akan berimbas pada pembatalan pengusulan nama penerima nantinya. 


Pemberian Pokir

Pada reses I, wakil ketua DPRD Amril Amin reses pada 16-21 Januari di Koto Kaciak, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan.

Amril Amin mengatakan, pada reses di awal 2023 yang diatur oleh undang-undang, setiap anggota DPRD turun kepada masyarakat untuk menerima usulan serta masukan dari masyarakat. 

“Kita sudah masuk dua periode di Legislatif, kita sudah memberikan pokok pikiran seperti pembangunan fisik maupun non fisik kepada ma­syarakat sudah merasa­kan,” ujar Amril Amin.

“Alhamdulillah pada 2023 jaringan baru Air PDAM sudah bisa masuk di Kelurahan Mata Air," ungkapnya. 

"Mudah-mudahan masyarakat bisa berbahagia, kami harapkan mari kita bersyukur sudah mendapatkan air bersih pada tahun ini, dan selain kita akan juga mengajukan program Masya­rakat Berpenghasilan Rendah (MBR), mungkin tentang air, tentang MBR atau dengan tidak MBR kita serahkan ke PDAM disini pada reses kita hadirkan pihak dari PDAM," katanya.(adv)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama