Teringat Masa Kuliah, Alumni IAIN Imam Bonjol Angkatan 1979 Ingin Reuni

Dasril M.Nur saat pesta pernikahan anaknya di Dharmasraya


DHARMASRAYA-Salah seorang alumni IAIN Imam Bonjol Padang, Dasril, masih ingat suasana  ketika kuliah dulu. Walau usia sudah 63 tahun, pengalaman di kampus belum lupa.


Alumni yang masih ingat tentang masa kuliah itu bernama Dasril M. Nur. Dia kini berusia 63 tahun. Dasril merupakan angkatan 1979. Dia kuliah di Fakultas Dakwah di IAIN Imam Bonjol Padang. Setelah tamat sarjana muda, Dasril tidak melanjutkan ke S1. Dia mencari kerja dengan melamar menjadi PNS.

Dia diangkat jadi guru SD di Kabupaten Sawahlunto Sijunjung. Kini dikenal dengan Kabupaten Dharmasraya. Dia jadi guru ijazah PGAN. 

Dikatakan Dasril, Selasa (3/1/2023), selama bertugas menjadi guru dia berusaha mengulang lagi kuliah dari awal sehingga sampai menamatkan S1 dengan meraih gelar saja pendidikan.

Kini, Dasril sudah bermenantu. Walau usia sudah tua, namun dia masih kawan-kawan saat kuliah.  "Ingin rasanya reuni sesama rang gaek-gaek ini," katanya.

Dia menyebut, angkatan 1979 banyak yang sukses. Seperti Abu Nawas, putera Pesisir Selatan saat kuliah suka melawak. Abu Nawas diangkat menjadi PNS di Kantor Kamenag Pesisir Selatan dan pindah ke Batusangkar mengikuti istrinya. 

Kemudian Mhd Syarfi Hutahuruk, orang Sibolga. Setelah tamat S1 di Fakultas Dakwah Padang, hengkang ke Jakarta dan sempat bekerja di Departemen Penerangan menjadi staf Harmoko. 

Beberapa tahun menjadi PNS, Syarfi mengaku mundur dan bergabung dengan Partai Golkar dan sempat menjadi anggota DPR dua periode. Setelah itu ikut menjadi calon wali kota Sibolga. Nasib baik bagi Syarfi, dapat pula dua periode menjadi orang momor satu di kota itu. 

Mhd Syarfi mempersunting gadis Solok, Delmaria. Delmaria juga ikut ke Jakarta  bersama suaminya. Sesampai di Jakarta Delmaria ikut tes PNS di Departemen Agama. Delmaria ditugaskan di Solok. Pada akhirnya, setelah sekian tahun bolak balik Padang Jakarta, dia mengurus pindah tugas ke Jakarta. 

Saat suaminya menjadi wali kota, Delmaria  mengurus pensiun muda. Kemudian bergabung dengan Partai NasDem. Nasib baik bagi Delmaria, dia mencalon menjadi anggota DPR dari Sumut. Dia duduk jadi di kursi parlemen Senayan sampai 2024.  Menurut Dasril, masih banyak lagi angkatan 1979 yang pernah menjadi orang penting di negeri ini.

Baru-baru ini, Dasril bermenantu. Namun, banyak teman di angkatan 1979 yang tak diundang. Bukan disengaja, namun lupa. "Mohon maaf," katanya. (TKA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama