Jika Musim Liburan, 4.000 Warga Kunjungi Tan Kayo

PESONA-Wisatawan nikmati pesona Danau Singkarak di objek wisata Tan Kayo, Malalo, Minggu (5/2/2023). (TKA)


MALALO-Objek wisata Tan Kayo Nagari Malalo yang berada di Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar terletak di pinggir Danau Singkarak. Destinasi itu dibuka tujuh bulan lalu, tiap hari selalu mendapat kunjungan mengembirakan. 


Hal itu diungkapkan Manejer Tan Kayo,  Apriadi, Minggu (5/2/2023) di ruang kerjanya. Tan Kayo mulai beroperasi sejak 2 Juli 2022. Rata-rata, sejak dibuka tiap hari pengunjung 400 orang. 

"Kalau hari libur, pengunjung  sampai 4.000 orang tiap hari," ujar Feriadi panggilan akrab Apriadi. 

Menurut Feriadi, objek wisata ini belum diresmikan, tetapi pengunjung sudah ramai berdatangan dari berbagai kabupaten dan kota di Sumatera Barat, termasuk luar provinsi.

 Diceritakan Feriadi, objek wisata Tan Kayo kepunyaan putra daerah yang pensiunan ASN, Krisna bergelar Sutan Kayo. Saat mulai membuka lokasi ini tidak terlintas untuk objek wisata seperti sekarang.  Rencana awalnya mau bangun rumah untuk anak-anak sang pemilik. Sebelum bangun rumah, Krisna bangun mushalla terlebih dahulu.

 "Dalam perjalanan membangun mushalla baru datang ide untuk membuat lokasi wisata," kata Feriadi. 

Disampaikan, Tan Kayo punya karyawan 30 orang. Apabila musim liburan pengunjung membeludak,  terpaksa karyawan ditambah sampai 40 perharinya. 

Objek wisata Tan Kayo sudah punya kolam renang untuk anak anak dan trombolin. Kemudian juga ada cottage untuk pengunjung yang mau menginap di lokasi. 

Luas lokasi objek wisata Tan Kayo lebih kurang satu hektare. Sebelum menjadi objek wisata lahan ini kebun pokat. 

Setiap pengunjung dipungut bayaran Rp15.000 perorang. (TKA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama