Masyarakat Nagari Sirukam Bantai Kabau

 

DIALOG-Bupati Epyardi Asda dialog dengan masyarakat Nagari Sirukam, Kabupaten Solok, Minggu (5/2/2023) dalam alek nagari bantai kabau di nagar itu. (kominfo)


SOLOK-Masyarakat Nagari Sirukam adakan bantai kabau, Minggu (5/2/2023). Bantai kabau atau sembelih kerbau, lalu dagingnya dimasak dan dimakan bersama-sama, merupakan bentuk syukuran dan peresmian infrastruktur di nagari itu.


Alek nagari itu dihadiri Bupati Solok Epyardi Asda beserta  rombongan. Bupati datang bersama anggota DPR Atari Gauthi Ardi, pimpinan DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir, Asisten I Syahrial. Asisten II Deni Prihatni dan lainnya.

Ivony Munir menyampaikan,  DPRD dan Pemerintah Kabupaten Solok selalu bersinergi dalam proses pelaksanaan pembangunan di Nagari Sirukam ataupun nagari yang lain. "Semua nagari mendapat prioritas pembangunan," katanya.

Anggota DPR V Atari mengatakan, Solok saat ini menjadi kabupaten yang dicontoh di Sumbar. "Di mana semua lini, pemerintahnya saling berkolaborasi dimulai dari DPR, bupati sampai DPRD, terjadi kolaborasi yang baik, sehingga banyak sekali program dari pusat yang bisa dibawa untuk Kabupaten Solok," kata dia.

Atari mengatakan, banyak penghargaan yang diraih Kabupaten Solok. Ia berharap, hubungan yang baik ini bisa berjalan kedepannya dan terus berlanjut. Pada tahun ini juga akan ada banyak program yang akan masuk, seperti P3TGAI, bedah rumah dan pamsimas. “Pamsimas ini merupakan program yang bagus, program air bersih untuk masyarakat,” katanya. 

Bupati Epyardi Asda mengatakan, saat ini pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan berjalan dengan baik. “Saya telah mengarahkan kepada setiap wali nagari, agar setiap anggaran yang disusun diberikan untuk pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

 "Kabupaten Solok telah banyak mendapat penghargaan, walaupun saya baru satu setengah tahun menjalankan roda pemerintahan. Dalam pelaksanaan  pelayanan publik, Kabupaten Solok mendapat penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI dari yang awalnya terbawah (merah) menjadi yang terbaik di Sumbar (hijau)," ujar bupati.

Epyardi mengajak jajarannya untuk ikhlas dalam bekerja demi masyarakat. “Ingatkan janji kami yang belum terlaksana, jangan ragu untuk melaporkan jika ada hal yang bisa kami bangun untuk nagari seperti perbaikan pasar, bantuan untuk kelompok tani, pendidikan dan kesehatan,” kata dia.

Ia menyampaikan, pemerintah menganggarkan dana Rp100 miliar untuk hotmix jalan di pada 2023. Uang itu berasal dari dana yang diusahakan Atari selaku anggota DPR, APBN dan APBD, sehingga diharapkan perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik. (clara)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama