Kantor Imigrasi Biak Sosialisasi di SMAN 1 Biak, Pelajar Tertarik dengan Sekolah Kedinasan

 NARASUMBER-Para narasumber dalam sosialisasi Kantor Imigrasi Biak Sosialisasi di SMAN 1 Biak, Selasa (21/2/2023). (ist)


BIAK-Guna memberikan penyebaran informasi keimigrasian, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Biak,  Nor Ratman Bentar sosialisasikan M-paspor dan sekolah kedinasan Poltekim dan Poltekip di SMA Negeri 1 Biak, Selasa (21/2/2023).


Sosialisasi diadakan di  bertempat di ruang kelas XII IPA 8. Sosialisasi diikuti perwakilan 43 Siswa. Kegiatan dimulai pukul 09:30 WIT. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pelaksana Tugas Kepala SMAN 1 Biak, Abdul Rahman. Kepala sekolah mendukung kegiatan yang diadakan Kantor Imigrasi Biak.

Kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Biak yang telah memberikan pengetahuan kepada pelajar, terutama tentang sekolah kedinasan.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Nor Ratman Bentar menyampaikan terimakasih kepada pihak SMAN 1 telah mengizinkan Kantor Imigrasi Biak untuk memberikan Sosialisasi.

Tujuan sosialiasi, kata dia, guna mengenalkan aplikasi M-paspor serta memberikan gambaran persiapan siswa dan siswi kelas XII SMAN 1 Biak setelah lulus melanjutkan ke jenjang pendidikan maupun karir.                                

"Sosialisasi ini penting dan diharapkan memberikan manfaat kepada pelajar. Pada Maret mendatang akan dilaksanakan ujian nasional, setelah itu siswa akan menamatkan sekolah," katanya.

Pemateri dalam kegiatan tersebut, Annas Adi Nugroho yang juga analis keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak.

Dia menyampaikan berbagai program dan inovasi pelayanan keimigrasian yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, khususnya berkaitan dengan kemudahan pelayanan penerbitan paspor.

Annas juga memberikan gambaran umum terkait program sekolah kedinasan Poltekim/Poltekip dan program seleksi penerimaan CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

Penyampaian materi disertai juga dengan pemutaran video singkat terkait sekolah kedinasan dan seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM.

Penyampaian materi diakhiri dengan testimoni kesan dan pesan dari CPNS pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Yulius Yavan Waroy yang juga alumni SMAN 1 Biak yang sudah menjadi ASN di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak.

Narasumber lainnya, Juan Victor Imanuel Mambrasar dan Richart Saputra Kbarek yang memberikan inspirasi dan motivasi bagi siswa.

Peserta sosialisasi diberikan kesempatan diskusi dengan bertanya kepada pemateri. Para siswa antusias bertanya kepada pemateri dan panitia memberikan reward berupa snack cokelat. 

Salah seorang penanya, Samuel Infaindan mengaku sangat tertarik dengan sekolah kedinasan Poltekim. “Yang ingin saya tanyakan, bagaimana ketika kita sudah mendaftar apakah tahapan tes seleksi nya bisa dilakukan secara online atau sudah ditentukan lokasinya,” kata dia.

Sama seperti Samuel, siswa lainnnya, Mutiara bertanya terkait dengan penerimaan Taruna Poltekim berapa jumlah kuota per tahun serta apakah ada kuota untuk putra-putri Papua.

Selain sekolah kedinasan, ada pula peserta yang antusias terkait dengan program pelayanan keimigrasian seperti yang disampaikan Adriansyah. “Selain menerbitkan paspor, apakah tugas lain dari Kantor Imigrasi Biak," kata dia.

Diskusi berjalan selama 30 menit, seluruh pertanyaan dari peserta sosialisasi dijawab dan dijelaskan oleh Nor Ratman Bentar selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian. 

Selain memberikan penjelasan terkait hal-hal yang ditanyakan peserta, Kasi TIKIM menyampaikan pesan untuk siswa, “Kita harus selalu aktif untuk mencari informasi dari website Kementerian Hukum dan HAM terkait persyaratan pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan agar tidak terlambat update informasi.” (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama