MTQ ke-54 Tingkat Asahan Dibuka, Ini Harapan Bupati

 PAWAI TA'ARUF-Bupati Surya dan pejabat lainnya ketika pawai ta'aruf peserta MTQ tingkat Kabupaten Asahan, Senin (27/2/2023) di Desa Perkebunan Aek Tarum. (kominfo)


ASAHAN-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Desa Perkebunan Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau, dibuka Surya,, Senin (27/2/2023). Pembukaan MTQ ke-54 ini diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti kafilah dari 25 kecamatan, camat, ASN dan masyarakat.


Pawai ta'aruf bupati, wakil bupati, Ketua DPRD dan lainnya. Usai pawai ta'aruf, bupati beserta rombongan menuju mimbar utama yang berada di lapangan sepak bola Dusun I Perkebunan Aek Tarum untuk membuka MTQ . 

Ketua panitia Buwono Prawana menyampaikan, MTQ dilaksanakan selama tujuh hari sejak 27 Februari 2023 sampai dengan 5 Maret 2023 dan diikuti 25 kecamatan dengan jumlah peserta 940 orang terdiri dari 473 putra dan 467 putri.

Buwono menyampaikan, cabang yang akan dipertandingkan adalah Tilawah, Hifzil Qur'an, Hifzil Hadist, Khattil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Qira'ah Sab'ah Mujawwad, Qira'ah Sab'ah Murottal dan Karya Tulis Alquran. "Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa piagam, piala dan uang tunai," katanya.

Sementara itu, General Manager Field PT. Bridgestone Sumatera Rubber Estate, Gatot Andrianto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mempercayakan PT Bridgestone menjadi lokasi disenggarakannya MTQ. "Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, yang dapat membantu pemerintah kabupaten," kata dia.

Gatot mengatakan, PT Bridgestone menyambut baik para kafilah dan dewan hakim yang mengikuti kegiatan ini. "Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut. Kami siap mendukung kegiatan tersebut. Ini dilakukan agar keberadaan PT Bridgestone dapat bermanfaat," ucap Gatot.

Ketua DPRD Baharuddin Harahap mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa ini."Jadikan MTQ ini sebagai fondasi generasi muda yang peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi yang berkualitas," katanya.

Sebelum memberikan membuka MTQ, bupati dan Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin Siregar  memberikan penali kasih kepada Muhammad Daud Sitorus yang berhasil meraih juara dua MTQ Nasional Cabang Tilawah Golongan Remaja Putra pada 2022 di Kalimantan Selatan. Uang diberikan Rp75 juta serta kepada Naura Muthia Khasyi Marpaung dan Suhaila Rahmi yang berhasil juara tiga nasional Fahmil Qur'an Putri 2022 di Kalimantan Selatan dengan hadiah Rp50 juta.

Bupati mengatakan, dari tahun ke tahun kualitas peserta musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan yang lainnya, walau belum maksimal sepenuhnya. "Saya berharap penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di desa atau kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri," ujarnya.

Bupati berharap, kepada para qori, qoriah, hafidz dan hafizhah dan para pegiat Alquran lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi qurani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas. 

Bupati berharap kepada para peserta dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhirnya pelaksanaannya nanti, menghasilkan qori dan qoariah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Asahan, yang akan menjadi duta kabupaten pada event seleksi tingkat provinsi dan nasional. "Kepada dewan hakim, sesuaikanlah penilaian pemenang dengan ketentuan aturan yang berlaku," ucapnya. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama