Sulthan Zaky, Pemain Termuda di Timnas U-20, Tak Gentar Lawan Irak

 Sulthan Zaky. (pssi)


TASKENT-Sulthan Zaky mendapat predikat sebagai pemain termuda di skuad Tim U-20 Indonesia pada Piala AFC U-20 2023. Dia bangga dengan statusnya itu.


Pemain berusia 17 tahun itu merupakan satu-satunya pemain dari Tim U-16 yang dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan 1-18 Maret mendatang.

Meski masih sangat muda, Sulthan Zaky mampu membuat Shin Tae-yong terkesan setelah membawa Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022.

Salah satu penampilan terbaik Sulthan Zaky terjadi di laga final Piala AFF U-16 2022 kontra Vietnam. Pilar PSM Makassar itu tampil solid bersama Iqbal Gwijangge di lini belakang sehingga berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1.

"Sungguh sangat bangga karena saya juga salah satu pemain termuda yang bisa bermain di Tim U-20 ini untuk Piala Asia," kata Zaky, Selasa (28/2/2023) di Taskent.

Namun, di Piala AFC U-20 2023, Sulthan Zaky dan kawan-kawan bakal menemui jalan terjal. Timnas Indonesia U-20 masuk ke dalam Grup A yang dihuni tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Di atas kertas, kualitas dan pengalaman ketiga tim tersebut lebih baik dari Timnas Indonesia U-20. Namun, Zaky tidak mau kalah sebelum bertanding. Dia bertekad untuk memberikan penampilan terbaik demi mendapatkan hasil maksimal.

Irak akan jadi lawan perdana Indonesia dalam turnamen kali ini. Laga Indonesia kontra Irak akan digelar di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Rabu (1/3/2023).

"Semoga kita mendapatkan hasil yang bagus dan semoga kekompakan tim juga semakin bagus dan kita meraih kemenangan," ucapnya.

Harapan Zaky itu sejalan dengan proses adaptasi dan aklimatisasi skuad Garuda Nusantara di Uzbekistan.

Suhu di Kota Tashkent yang menyentuh angka 2-14 derajat celcius tentu jadi tantangan tersendiri bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

"Cuaca di sini sangat dingin, tapi kita harus berusaha adaptasi lebih cepat karena untuk persiapan pertandingan nanti," ujar Zaky yang dikutip dai laman PSSI. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama