Bupati Pesisir Barat Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

 RAKORNAS-Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal hadiri rapat koordinasi nasional (takornas) penanggulangan bencana di JIExpo Kemayaoran, Jakarta, Kamis (2/3/2023).


JAKARTA-Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal hadiri rapat koordinasi nasional (takornas) penanggulangan bencana di JIExpo Kemayaoran, Jakarta, Kamis (2/3/2023).


Kegiatan dibuka Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Suharyanto dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. 

Presiden menyampaikan, di tengah perubahan suhu dan tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari dan iklim atau atau pola cuaca jangka panjang di seluruh penjuru dunia berpotensi meningkatkan frekuensi bencana.

"Frekuensi bencana di negara kita naik 81 persen, dari 1.945 bencana di 2010 menjadi 3.544 bencana di 2022, yang meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam lainnya. Maka dari itu  siaga, waspada adalah kunci, baik tahap prabencana, pada tahap tanggap darurat, maupun pascabencana," kata Presiden Jokowi.

Presiden menambahkan, tiga tahapan bencana atau sistem yang perlu diperhatikan di antaranya, peringatan dini, edukasi, tata ruang dan konstruksi. (AZR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama