Lestarikan Budaya, Puluhan Pelajar Ikuti Festival Sinandong

BERSAMA-Sekretaris Daerah, John Hardi Nasution bersama peserta Festival Sinandong di Museum/Gedung Juang 45, Senin (6/3/2023). (kominfo)


ASAHAN-Bupati Asahan diwakili Sekretaris Daerah, John Hardi Nasution buka Festival Sinandong di Museum/Gedung Juang 45, Senin (6/3/2023). Turut dalam pembukaan itu, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kepala Dinas Pendidikan, para kepala sekolah dan undangan lainnya.


Kepala Dinas Pendidikan Supriyanto menyampaikan, kegiatan tersebut untuk memperkenalkan seni dan melestarikan budaya pada pelajar. Festiva diikuti 52 pelajar yang merupakan perwakilan dari berbagai sekolah. 

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari dan berakhir, Selasa (7/3/2023). Dia menambahkan, festival tersebut merupakan salah satu rangkaian dalam  memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan. 

Bupati dalam sambutan yang disampaikan Sekda John Hardi Nasution menyampaikan, Festival Sinandong sangatlah strategis karena melalui kegiatan ini dapat melahirkan talenta-talenta serta meningkatkan apresiasi terhadap ekspresi seni budaya. 

"Festival ini juga merupakan ajang untuk menimba ilmu dan memahami nilai-nilai seni budaya bangsa Indonesia khususnya seni dan budaya daerah dengan berbagai macam latar belakang agama, suku, adat dan budaya," ujarnya.

Sekda mengatakan, usaha-usaha pelestarian budaya memang tidak berjalan mulus, banyak kendala sebagaimana dirasakan seluruh lapisan masyarakat dalam usaha pelestarian lainnya, urbanisasi, modernisasi, globalisasi dan tumbuhnya kota-kota industri yang telah mengancam keberadaan warisan budaya. 

Dia berharap, Festival Sinandong Asahan yang digelar kali ini mampu merangsang masyarakat untuk memelihara kebudayaannya. 

Sekda berharap kegiatan seperti ini menjadi salah satu langkah preventif dalam membina generasi muda, untuk terus beraktivitas dan berkreasi dalam hal positif serta berguna bagi masa depan. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama