Puskesmas Kebun Sikolos Miliki Tapung Bareh, Apa Itu?

 BERSAMA-Jajaran Puskesmas Kebun Sikolos foto bersama dengan Wali Kota Fadly Amran, Rabu (1/3/2023) usai peresmian layananan tapung bareh. (kominfo)


PADANG PANJANG-Menjadi salah satu program inovasi di bidang kesehatan tradisional, Wali Kota Fadly Amran resmikan pelayananan totok punggung (Topung) di UPTD Puskesmas Kebun Sikolos, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (1/3/2023).


Fadly Amran mengatakan, dengan diresmikannya pelayanan topung ini, sebuah cerminan kalau pemerintah ingin memberikan pelayanan yang lebih untuk masyarakat terkhusus memberikan pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Kebun Sikolos, Rita Sukrina menjelaskan, pelayanan sejalan dengan Permenkes Nomor 15/2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan Tradisional Komplementer. Pihaknya meluncurkan program  inovasi  yang diberi nama "tapung bareh" (toga dan totok punggung, badan taraso segeh).

"Inovasi ini merupakan pelayanan kesehatan yang menggunakan metode pengobatan dengan bahan alami atau tumbuhan yang diracik sedemikian rupa dan dikombinasikan dengan terapi totok punggung," sebutnya yang dikutip dari siaran pers Kominfo Padang Panjang.

Rita mengatakan, Puskesmas Kebun Sikolos juga sudah melalukan dua kali pelatihan totok punggung. Sejak awal buka, pelayanan topung ini mendapat antusiasme dari masyarakat dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke puskemas untuk mendapatkan pelayanan topung tersebut. (zainal)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama