Rudi Harianto Dilantik Jadi Ketua Pengurus Daerah IWO Malang Raya

 Pengurus IWO foto bersama setelah pelantikan.


MALANG-Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya, Senin (20/3/2023) berjalan khidmat. Pelantikan dirangkaikan dengan penyerahan Anugerah IWO Awards.


Kegiatan diadakan di Grand Ballroom Paramount, Hotel Atria, Kota Malang. Pelantikan dihadiri pewarta yang tergabung di dalam organisasi profesi itu. Pelantikan oleh Ketua Umum Ikatan Wartawan Online, Jodhi Yudono.

Jajaran tamu yang hadir, pejabat pemerintah, perguruan, unsur TNI, polri, pengusaha, ketua organisasi kepemudaan dan lainnya.

Sebelum pelantikan, para hadirin disuguhkan tayangan video kiprah IWO Malang Raya. Gelaran itu dibuka dengan pembacaan doa yang dipimpin Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim yang juga Ketua PCNU Kota Malang Gus Dr. H. Isroqunnajah.

Penasihat IWO Malang Raya, R. H. Djoni Sujatmoko menyampaikan orasi ilmiah bertema Indonesia negara majemuk. Djoni mengatakan, Indonesia perlu meningkatkan kebersamaan antar individu. "Itulah salah satu alasan mengapa kita harus memiliki rasa kebersamaan. Manusia dan lingkungan sekitarnya harus hidup seimbang karena adanya tuntutan dalam memenuhi kebutuhan hidup," katanya. 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan, ikrar dan pengibaran panji-panji organisasi. Wakil Wali Kota Malang mengucapkan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada IWO Malang Raya yang telah menggagas acara Anugerah IWO Awards. 

Bung Edi, sapaan akrabnya, mengatakan jurnalis adalah satu di antara elemen pentahelix yang sangat penting. "Media dan wartawan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah dan masyarakat," ungkap Ketua DPC Golkar Kota Malang ini. 

Ketua Umum IWO, Jodhi mengatakan, bertumbuhnya kantong organisasi di daerah adalah indikator dunia jurnalisme yang sehat dimana para jurnalis berkumpul untuk menyatukan visi dan misi ke arah yang maju dan membangun. 

Jodhi mengimbau, agar jurnalis atau wartawan mengedepankan sisi kemanusiaan selain melakukan liputan. Jodhi yang dikenal sebagai wartawan senior kompas.com dan penyanyi puisi itu berharap, wartawan dapat terlibat dalam mewartakan serta melakukan kontrol dan mampu menjaga independensi dalam pembangunan dan program-program yang disusun pemerintah maupun swasta untuk kesejahteraan masyarakat. 

Rudi Harianto setelah dilantik mengatakan, IWO Malang Raya telah melewati tahapan-tahapan organisasi dengan baik. "Alhamdulillah setelah mubesda dan pelantikan terlaksana dengan sukses, sekarang kami fokus merealisasi program kerja juga mengupayakan agar KTA untuk para anggota segera terbit. IWO harus bisa masuk ke segala lini, politik, ekonomi, kepemerintahan, pendidikan, teknologi, sektor usaha, pertanian, pariwisata, lingkungan dan lain-lain," paparnya. 

Rudi menjelaskan, setelah selama tiga tahun belakangan ini menjabat sebagai Plt Ketua IWO, diakuinya IWO telah mampu membuktikan kiprahnya dalam hal berorganisasi. 

"IWO mempunyai program dan sudah direalisasikan dapat dilihat dalam tayangan profil IWO Malang Raya," kata dia. 

Penerima penghargaan

IWO Malang Raya mempunyai program tahunan, berupa pemberian Anugerah IWO Awards yang diberikan kepada para tokoh dari berbagai latar belakang. 

Kategori Malang Best Figure


1. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Menteri Koordinator Bidang PMK RI 

2. Drs. H. Sutiaji, Walikota Malang & Sahabat Difabel 

3. I Made Rian Diana Kartika, Ketua DPRD Kota Malang 

4. Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Ketua PERINDO Kota Malang, Entrepreneur 

5. Ely Estiningtyas Jarwoko, Ketua I TP PKK Kota Malang, Ketua PERWOSI 

6. Yuni Shara, Artis & Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini 

7. Prof. Dr. Dyah Sawitri S.E., M.M., Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur 

8. Ir. H. M. Ridwan Hisjam, Anggota DPR RI Komisi VII 

9. Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag., Ketua Tanfidiziyah PCNU Kota Malang 

10. Risa Santoso, B.A., M.Ed, Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang 

Kategori pilihan masyarakat dengan predikat CAKRA, merupakan akronim dari Cepat, Akurat, Komunikatif, Responsif, Akuntabel diraih oleh Kapolresta Malang Kombes. Budi Hermanto. 

Kategori Yang Muda Yang Berdampak

1. Moreno Soeprapto S.Sos, Anggota DPR RI Komisi VII 

2. dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed, Dokter & Wirausahawan Sosial 

3. Ir. Alfi Nurhidayat S.T., M.T., IPM, Kepala Dinas PUPR Kota Batu & Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Batu 

4. M. Nor Muhlas S.Pd., M.Si, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang 

5. Zulham A. Mubarrok, Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang 

6. drg. Nina Agustin M.M., Sp. Ort, Dokter & ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kota Malang 

7. Redy Eko Prasetyo, Seniman & Penggagas Jaringan Kampung Nusantara 

8. dr. Dian Agung Anggraeni, Dokter & Sociopreneur 

9. Drs. Bambang GW, Pendiri Dewan Kampung Nuswantoro 

10. Yulia Rahmawati, Make Up Artist Populer & Fashion Enthusiast


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama