Surian Dilanda Banjir Bandang, Sungai akan Dinormalisasi

Bupati Epyardi Asda didampingi anggota Komisi V DPR, Athari Gauthi Ardi dan Ketua TP-PKK Emiko datangi lokasi banjir bandang di Nagari Surian, Jumat (24/3/2023)


SOLOK-Bupati Epyardi Asda didampingi anggota Komisi V DPR, Athari Gauthi Ardi dan Ketua TP-PKK Emiko datangi lokasi banjir bandang di Nagari Surian, Jumat (24/3/2023).


Kunjungan kerja itu didampingi  Asisten I, Syahrial, sejumlah kepala OPD, Camat Pantai Cermin Acil Fasra, Wali Nagari Surian Yusril dan lainnya.

Banjir bandang menerjang wilayah Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Selasa (21/3/2023). Sedikitnya 10 rumah warga dilaporkan rusak, termasuk fasilitas umum seperti jembatan dan lahan pertanian.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang terjadi di aliran Sungai Limau Hantu, Jorong Ladang Padi, Nagari Surian. Sungai tersebut melewati Jorong Ladang Padi dan Jorong Dalam Koto. 

Curah hujan yang tinggi dari Selasa siang (21/3/2023) menyebabkan hulu sungai meluap, dan membawa material kayu serta merusak pemukiman maupun lahan pertanian warga

Epyardi Asda menyampaikan  turut prihatin kerena terjadinya banjir bandang itu. "Pemerintah Kabupaten Solok bersama dengan Ibu Athari akan melakukan normalisasi sungai yang nantinya juga akan kita pasang batu rajut," ujar bupati.

Selain itu, setidaknya empat rumah yang rusak berat nantinya ikuti program bedah rumah yang diperjuangkan Athari.

Bupati menyebutkan, Pemkab Solok telah mengirimkan tiga unit ekskavator untuk membersihkan material material sisa banjir bandang. 

"Kepada masyarakat korban bencana yang sakit semua pengobatannya gratis. Pemerintah akan memberikan BPJS gratis kepada semua masyarakat terdampak," tutup bupati. (clara)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama