Awasi Orang Asing, Imigrasi Biak Rakor di Supiori

 Penyerahan cenderamata usai pembukaan rakor


SUPIORI-Dalam meningkatkan pengawasan terhadap orang asing, Kantor Imigrasi Klas II TPI Biak rapat bersama jajaran Pemkab Supiori dan tim pengawasan orang asing kabupaten itu di Gedung Jules F. Warikar, Kamis (27/4/2023).


Pemerintah Kabupaten Supiori diwakili Asisten III Sekda, Hasanudin Nunsi, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Aser Pongratte serta Kepala Bagian Pemerintahan, Frans Wabdaron.

Sementara dari Kanwil Kemenkumham Papua hadir Kakanwil Kemenkumham Papua, Antonius M. Ayorbaba, Kepala Divisi Keimigrasian. Fidihanto Markos, Kepala Sub Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Asran Siregar dan dari Rumah Detensi Imigrasi Patricia E. Rumbiak. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari organisasi perangkat daerah, TNI, polri, serta tokoh masyarakat Kabupaten Supiori.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak,  Janny Herold Maturbongs menyebutkan,  kegiatan tim pengawasan orang asing pada tahun ini terfokus pada terciptanya koordinasi dan sinergitas yang produktif. Tujuan sosialisasi kali ini guna meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan anggota tim pengawasan orang asing tingkat Supiori pada 2023.

Kemudian, pertukaran data dan informasi instansi terkait mengenai perkembangan aktual dalam pelaksanaan pengawasan orang asing, sebagai bahan masukkan mengenai kendala atau permasalahan yang dihadapi berkenaan dengan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Supiori.

"Selain itu, untuk penguatan dan penyelarasan tugas dan fungsi instansi terkait dalam pengawasan orang asing guna keterpaduan demi mewujudkan kepastian bahwa hanya orang asing yang bermanfaat yang dapat masuk dan berada di wilayah Kabupaten Supiori," katanya.

 Dia menyebutkan, pertemuan sangat penting guna meningkatkan pengawasan terhadap orang asing yang berada di Supiori.

Dia menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah menghadiri kegiatan itu. "Pertemuan ini untuk memperkuat pengawasan terhadap orang asing dan saling menukar informasi yang berkaitan dengan keimigrasian dan instansi lainnya," kata dia.

Janny Herold Maturbongs menyampaikan data dan informasi tentang WNA yang berada di Supiori mulai dari keberadaan hingga jumlah WNA tersebut. 

Asisten III Hasanudin Nunsi menyampaikan, kegiatan ini sangatlah penting karena Kabupaten Supiori adalah salah satu dengan potensi wisata yang mempunyai daya tarik yang tidak menutup kemungkinan banyak orang asing akan datang ke sini.

Dikatakan, banyak orang tidak tahu orang asing darimana asalnya latar belakangnya apa serta tujuannya apa. "Dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan sinergitas dengan aparat daerah, TNI, polri dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak selalu menjaga dan mengontrol aktivitas orang asing yang masuk ke wilayah Kabupaten Supiori. Ini juga merupakan salah satu bentuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Kepala Divisi Keimigrasian Ian Fidihanto Markos menyampaikan, terkait tugas dan fungsi keimigrasian yang salah satunya yaitu melalui rapat tim pengawasan orang asing di wilayah Supiori untuk mengontrol aktivitas dan keberadaan orang asing tersebut. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Antonius M. Ayorbaba menyampaikan selamat merayakan pengkabaran injil di Maudori yang ke-115 di Kabupaten Supiori. Dia mendukung dan antusias kegiatan Timpora karena sangat penting untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing. 

Dia ucapkan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak karena telah melaksanakan kegiatan tim pengawasan orang asing dan kepada seluruh instansi terkait yang hadir mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Dalam pertemuan itu, peserta rapat diberikan kesempatan bertanya maupun menyampaikan permasalahan terkait keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama