Buka Musrenbang RKPD, Bupati Kaimana Paparkan Program Prioritas Daerah

 MUSRENBANG-Bupati Kaimana, Freddy Thie bersama Wakil Bupati Hasbulla Furuada ikuti Musrenbang Kabupaten di gedung pertemuan Krooy, Kaimana, Papua Barat, Senin (3/4/2023). 


KAIMANA-Bupati Freddy Thie buka musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Kaimana 2023/2024.  Kegiatan yang dilaksanakan Bappeda Litbang di gedung pertemuan Krooy, Kaimana, Papua Barat, Senin (3/4/2023). 

 

Bupati dalam sambutannya mengatakan, musrenbang ini merupakan bagian dari amanah peraturan perundang-undangan,yang wajib dilaksanakan oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Musrenbang dimulai dari musrenbang kampung, musrenbang distrik, forum OPD, musrenbang kabupaten, musrenbang provinsi dan musrenbang nasional. Dikatakan bupati, musrenbang kabupaten  bertujuan untuk menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah. 

"Selain itu, guna menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan Daerah, dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi," katanya.

Kemudian, sebagai klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan kabupaten, dengan program dan kegiatan kampung yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang tingkat kampung dan distrik.

 Dikatakan bupati, berbicara mengenai permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, semuanya telah terdokumentasikan di dalam RPJMD. Sementara itu, RPJMD Kabupaten Kaimana ditetapkan dengan Perda Nomor 10/2021, masa berlaku RPJMD mulai dari 2021 sampai 2026. Isi RPJMD itu mulai dari visi, misi, tujuan, sasaran dan indikatornya, strategi dan arah kebijakan, program, target kinerja dan pendanaan.

Dikatakan bupati, berbicara mengenai prioritas pembangunan daerah, Kabupaten Kaimana ada 18 program prioritas pembangunan daerah.  "Di antaranya pendidikan gratis, transportasi sekolah gratis, biaya kesehatan gratis, Rp4 miliar per kampung, penyediaan air bersih, smart city, Rp100 juta per RT, perintis lokal, SPBU terapung dan lain-lain," jelas bupati. 

 Sebanyak 18 program prioritas pembangunan daerah itu telah diuraikan di dalam RPJMD, lengkap dengan tahapan tahun pelaksanaanya, termasuk proyeksi alokasi anggaran untuk menjalankan 18 program prioritas tersebut.

 "Harapan saya, pimpinan OPD dan timnya di kantor dapat lebih serius dan fokus menyukseskan 18  program prioritas pembangunan daerah ini," tegasnya. 

 Hadir dalam musrenbang itu, Wakil Bupati Hasbulla Furuada, Sekda Donald R Wakum, Kapolres AKBP Gadug Kurniawan, Dandim 1804 Letkol Ruruh Sejati, Kasi Intel Kejari dan undangan lainnya. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama