Lomba Qasidah dan Dai Kamtibmas Berakhir, Ini Para Juara

 Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal serahkan hadiah pada pemenang lomba.


PEKANBARU- Perlombaan Dai Kamtibmas dan Qasidah yang diadakan Polda Riau berakhir dan ditutup, Selasa (4/4/2023) malam.  Para pemenang terima hadiah.


Perlombaan dilaksanakan di halaman belakang Markas Polda Riau. Pada malam tadi, merupakan fase grand final untuk menentukan juara 1,2 dan 3 bagi masing-masing lomba.

Perlombaan diikuti perwakilan dari 12 jajaran polres. Sebelumnya, masing-masing polres sudah menggelar seleksi untuk mengirimkan satu peserta terbaik untuk mengikuti perlombaan di Polda Riau.

Sampai akhirnya, perlombaan mengecurut pada tiga besar, baik untuk dai kamtibmas maupun qasidah.

Sebelum fase grand final dimulai, kegiatan terlebih dahulu diawali dengan salat Isya dan dilanjutkan tarawih berjemaah.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal itu, Gubernur Syamsuar, Wakapolda Brigjen Kasihan Rahmadi, Ketua PWNU Riau T Rusli Ahmad, para pejabat utama polda, kapolres 12 kabupaten/kota dan undangan lainnya.

Perlombaan grand final pun dimulai, masing-masing peserta tampak semangat untuk memberikan penampilan terbaik.

Untuk lomba dai kamtibmas, peserta membawakan materi dakwah yang berkaitan dengan tugas kepolisian yang humanis dan rahmatan il 'aalamiin. Sementara lomba qasidah, dibawakan secara berkelompok.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal yang duduk berdampingan dengan Gubernur Syamsuar, antusias menyaksikan jalannya perlombaan. Sesekali jenderal bintang dua itu tersenyum dan bertepuk tangan.

Dari penilaian juri yang berkompeten di bidangnya, alhasil para pemenang sudah ditentukan.

Juara 1 dai kamtibmas, diraih Aipda Iqbal Hamzah Dalimunthe, anggota Polres Rohil, juara II diraih Bripda Imanuddin Maulana Lubis dari Polres Rohul dan Briptu Silja Gandi asal Polres Kuansing menempati juara III.

Sementara juara 1 lomba qasidah diraih utusan dari Polres Siak, juara II diraih Polres Dumai sementara juara III diraih Qasidah utusan dari Polres Pelelawan. 

Piala dan uang pembinaan bagi para pemenang diserahkan Kapolda Mohammad Iqbal bersama Gubernur Syamsuar serta didampingi oleh pejabat utama polda.

Mohammad Iqbal mengatakan, perlombaan ini sengaja dibuat dalam rangka menyemarakkan Ramadan. Kapolda juga ingin membangun sumber daya manusia polri di jajarannya memiliki akhlak yang baik. 

"Saya menginisiasi audisi di setiap polres. Personel yang memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi dai kamtibmas. Itu penting untuk memberikan imbauan di tempat ibadah, khususnya masjid, sehingga lebih mengena dalam mengajak masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban dengan pendekatan agama dan ibadah," katanya.

Gubernur Syamsuar menyampaikan apresiasi kepada kapolda yang telah mengadakan perlombaan tersebut. Bahkan dia mengaku, selama ia menjabat baru kali ini ada lomba keagamaan yang ditaja kapolda dan pesertanya adalah anggota polisi. (ES)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama