Menyerupai Ka'bah, Indahnya Masjid di Sungai Duo

 Warga datangi Masjid Muhammad di Nagari Sungai Duo, Sabtu (1/4/2023). (eko)


DHARMASRAYA-Masjid yang dibangun dengan arsitektur menyerupai Ka'bah begitu indah. Masjid itu berada di Nagari Sungai Duo, Kabupaten Dharasraya. Pembangunan masjid itu atas prakarsa perantau dan masyarakat.


Masjid itu berada di daerah Simpang Tugu, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung. Bangunan masjid dengan arsitektur masjid itu merupakan yang pertama di Sumatera Barat.

Masjid yang megah dan indah itu diberi nama Masjid Muhammad. Masjid memiliki luas 15 X 15 meter dengan tinggi lebih kurang  sembilan meter. Bangunan masjid dikelilingi  dengan kaligarafi. Sementara di sekeliling masjid terhampar perkebunan sawit dan pemukiman warga sekitar. 

Pengurus Masjid Muhammad, Heri Saputra, Sabtu (1/4/2023) mengatakan, pembangunan masjid  tersebut merupakan ide dan gagasan salah seorang perantau Nagari Sungai Duo. 

Dikatakan, pada 2021 dimulai pembanguan masjid tersebut. "Dengan dibangunnya masjid yang resentatif ini, kita berharap warga lebih khusyuk dalam beribadah," kata dia.


Ditambahkan, bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan kepada masjid ini silakan melalui Bank Nagari dengan nomor rekening 7102 0220 23895 1  atas nama Masjid Muhammad Nagari Sungai Duo.

Ketua MUI Dharmasraya, Aminullah Salam menyatakan bangga dengan masyarakat yang membangun masjid itu. "Saya selaku Ketua MUI Dharmasraya berterima kasih dan bangga dengan keberadaan masjid tersebut," kata dia. (eko)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama