Petugas Berjibaku Jinakkan Api, 60 Hektare Lahan Terbakar di Riau

 Petugas gabungan padamkan api di lahan yang terbakar


DUMAI-Wakapolda Riau, Brigjen K. Rahmadi pimpin pemadaman dan pendinginan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jalan Parit Purba RT. 009 Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Selasa (25/4/2023). 


Memasuki hari ketujuh pemadaman karhutla, masih terus dilakukan koordinasi bersama Polsek Bukit Batu, jajaran Polres Bengkalis untuk bersama-sama melakukan pemadaman. Karena diketahui, titik api muncul dari arah Kabupaten Bengkalis dan menjalar dengan cepat ke wilayah Kota Dumai karena angin yang bertiup kencang.

Upaya pemadaman saat ini dilakukan 294 personel gabungan dari Dit Samapta Polda Riau, Polres Dumai, Polsek Medang Kampai, Brimob Polda Riau, TNI, BPBD Riau dan BPDB Kota Dumai, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), regu pemadam PT. Wilmar, Sinarmas dan masyarakat setempat.

Wakapolda K. Rahmadi didampingi Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto memperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 60 hektare.

"Luas lahan gambut yang terbakar perkiraan mencapai 60 hektare dan 40 hektare di antaranya telah berhasil dipadamkan oleh tim gabungan. Sementara 15 hektare lainnya masih mengeluarkan asap dan masih akan dilanjutkan dengan pendinginan lahan. Untuk mencegah kebakaran meluas, kami terus berupaya melakukan sekat guna memutus penjalaran api," katanya.

Wakapolda mengakui, upaya pemadaman api di lahan gambut yang kering cukup membuat kewalahan. Ditambah akses jalan menuju lokasi pemadaman sangat sulit dilalui dengan berjalan kaki dan ditumbuhi semak belukar serta sumber air yang sulit didapat, sehingga telah dibuat jalan perintis untuk memudahkan mobilisasi personil serta alat pemadaman dan membuat parit serta embung sebagai cadangan sumber air untuk kegiatan pemadaman dan membatasi laju api yang menuju kearah Selatan dan Timur dari bagian lahan yang telah terbakar.

Suasana Idul Fitri tahun ini terasa berbeda bagi personel gabungan karena tidak dapat berkumpul bersama keluarga demi memadamkan api, mencegah meluasnya karhutla dan mencegah korban jiwa maupun potensi kerugian materil yang lebih besar lagi.

Melihat hal tersebut, apresiasi dari tokoh masyarakat, mahasiswa hingga Ketua DPRD berdatangan atas kinerja Satgas Karhutla Polda Riau, Satgas Karhutla Polres Dumai dan Satgas Karhutla Gabungan Kota Dumai yang rela memadamkan api setiap hari sejak pelaksanaan puasa hingga Idul Fitri. (ES)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama