Indra Sjafri, Putra Lubuk Nyiur yang Fenomenal

Indra Sjafri


PADANG-Indra Sjafri kembali memberikan kebanggaan bagi Indonesia. Dia membawa tim nasional juara Sea Games. Medali emas diraih setelah mengalahkan Thailand di final, Selasa (16/5/2023).


Di final sepakbola SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand 5-2 di Olympic Stadium, Phnom Penh. Dua gol tim asuhan Indra Sjafri diborong Ramadan Sananta di babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia sempat kebobolan oleh Thailand lewat aksi Anan Yodsangwal. Thailand kemudian menyamakan skor di masa injury time menjadi 2-2, lewat gol Yotsakon Burapha. Laga lanjut ke babak tambahan.

Di masa extra time, Indonesia mendapat gol ketiganya. Irfan Jauhari mencetak gol ketiga Indonesia, dan gol keempat dicetak Fajar Fathur Rachman, serta Beckham Putra ikutan mencatatkan namanya di papan skor. Gol terakhir disumbang memastikan kemenangan 5-2 sampai peluit panjang berbunyi.

Kemenangan itu memastikan Indonesia mendulang medali emas di SEA Games 2023. Medali emas sepakbola akhirnya kembali diraih setelah menanti 32 tahun. 

Indra Sjafri memang fenomenal dalam sepakbola unia muda. Putra Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat itu merupakan pelatih lokal tersukses bersama timnas. Sebab, dia telah memberikan prestasi dan tropi untuk Indonesia.


Ditunjuk jadi pelatih

Indra Sjafri merupakan pelatih yang melambung namanya setelah memimpin Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF untuk pertama kalinya di Sidoarjo. Bukan cuma itu, dia juga membawa Timnas U-22 juara Piala AFF, yang juga merupakan untuk pertama kalinya bagi Indonesia.

Nama Indra Sjafri kian melambung, ketika Evan Dimas dan kawan-kawan kalahkan Korea Selatan dalam penyisihan grup Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta. Terakhir, Indra Sjafri membawa timnas ke final Sea Games, kendati gagal meraih emas setelah dikalahkan Vietnam.

Di era kepemimpinan Iwan Bule di PSSI, Indra ditunjuk jadi direktur teknik. Kini, mantan pegawai Pos Indonesia itu kembali tukangi tim nasional. Pria asal Lubuk Nyiur, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pimpin timnas ke Sea Games yang akan berlansung Mei mendatang.

Indra Sjafri merupakan pensiunan PT Pos dan dulu bekerja di Padang. Karir sepakbolanya bersama PSP Padang.  Sebagai pelatih, Indra dikenal sering blusukan dalam mencari pemain berbakat ke segenap penjuru Indonesia.

PSSI menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih di SEA Games Kamboja 2023. Penunjukkan Direktur Teknik PSSI ini berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif PSSI pada 30 Januari 2023.

“Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games di Kamboja, PSSI perlu mengambil langkah untuk menunjuk pelatih yang akan bertanggung jawab pada event tersebut. Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpora dan KOI tentang persiapan cabang olahraga (cabor) untuk prestasi yang segera dilaksanakan,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi yang dikutip dari laman PSSI, Rabu (1/2/2023). (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama