Peserta Latsitardus Disambut Meriah di Kota Solok

 Wakil Wali Kota Solok pasangkan syal pada peserta Latsitardus 


KOTA SOLOK-Wali Kota Zul Elfian Umar menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, sekaligus upacara Latsitardanus XLIII di lapangan Merdeka, Sabtu (20/5/2023).


Upacara itu dihadiri Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra, jajaran forkopimda, kepala OPD dan pejabat lainnya. Upacara itu dimeriahkan penampilan randai massal yang dibawakan murid SMP dan tari massal yang dibawakan murid TK dengan jumlah lebih dari 1.000 peserta.

Wali kota membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Menteri mengatakan Hardiknas 2023 mengangkat tema bergerak bersama semarakkan merdeka belajar.

Wali kota mengemukakan,  24 episode merdeka belajar yang telah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai masyarakat.

Dikatakan wali kota, anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan, sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia. "Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter," katanya.

 Tema Hari Kebangkitan Nasional adalah semangat untuk bangkit. "Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," ujar wali kota

Dalam menyambut Latsitardanus XLIII, wali kota mengucapkan selamat datang di Kota Solok. Para taruna-taruni diharapkan akan cepat berbaur dengan masyarakat.

"Semoga segala hal yang direncanakan berjalan baik, lancar dan maksimal hasilnya serta memberikan kesan bagi para taruna-taruni dan masyarakat," katanya. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama