Rawat Orangtuamu, Menteri Sosial Beri Pesan Menyentuh dari Dharmasraya

Penyerahan bantuan pada lansia


DHARMASRAYA-Kementerian Sosial menyelenggarakan puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (29/5/2023). 


Tahun ini tema yang diambil adalah lansia terawat, Indonesia bermartabat. Puncak peringatan dilaksanakan secara daring dan luring. 

Mensos Tri Rismaharini menyatakan HLUN 2023 diisi dengan berbagai kegiatan terpadu. Antara lain, pembuatan taman lansia, pelibatan tagana dalam rehabilitasi rumah lansia, pembangunan rumah sederhana terpadu bagi lansia dan kegiatan lainnya.

Mensos menyapa dan berbincang kepada para lansia yang tersebar di 11 kecamatan secara virtual. Mensos berterima kasih kepada para lansia yang hadir. "Terima kasih kakek, nenek, Pak Camat, Pak Kapolsek, Pak Danramil dan anak-anak tersayang yang turut hadir di sana. Salam dari kami di sini," ucapnya pada peserta yang hadir secara virtual.

Para lansia ini mengucapkan terima kasih dan memuji menteri yang telah berkunjung ke Dharmasraya serta memberikan perhatian dan bantuan kepada mereka. Mereka berharap bantuan yang diberikan berkelanjutan. 

Sentra Dharma Guna di Bengkulu bersama dengan 3 UPT Kementerian Sosial, masing-masing Sentra Terpadu Inten Suweno, BBPPKS Lembang dan Sentra Paramitha Mataram berpartisipasi dalam rangkaian peringatan HLUN itu.

Sebanyak 1.323 data lansia telah dilakukan asesmen, verifikasi dan validasi serta diberikan layanan  atensi dengan total bantuan yang disalurkan Rp 1.981.517.794.

Sebelumnya Sentra Dharma Guna di Bengkulu telah menyalurkan bantuan di Nagari Ampang Kuranji. Bantuan atensi yang disalurkan kepada 326 lansia di Nagari Ampang Kuranji senilai Rp602.152.414 yang terdiri dari 178 paket sembako, 326 paket nutrisi, 326 paket obat-obatan, alat kebersihan diri 326 paket, 326 paket sandang lansia, 20 unit perlengkapan kamar, 9 unit tongkat kaki tiga, 7 unit kursi roda, operasi katarak untuk 7 orang lansia, 2 paket kewirausahaan, 2 unit alat bantu dengar, dan 1 unit kacamata.

Menteri Sosial meminta agar para anak untuk tetap peduli kepada orang tua, meski mereka sudah berusia lanjut, agar tetap dijaga seperti mereka merawat anaknya di waktu kecil. 

"Saya berpesan pada seluruh pihak, tidak hanya anak-anak, apa pun kita, siapa pun kita saat ini kita ada karena orangtua, jangan kemudian ditelantarkan karena mereka saat ini sudah tidak bisa menolong kita," katanya.

"Jangan merasa direpotkan jika orang tua meminta bantuan. Rawatlah mereka seperti dulu ketika mereka merawat anaknya di masa kecil," ucapnya.

Mensos berharap momentum HLUN dapat menumbuhkan cinta kepada orang tua terutama bagi mereka yang telah memasuki kondisi lanjut usia. (eko)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama