393 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Padang Dilepas Gubernur Mahyeldi

Gubernur bersalaman dengan jemaah calon haji Embarkasi Padang. (pemprov)


PADANG-Sebanyak 393 jemaah calon Haji (JCH) asal Padang, yang tergabung dalam kloter pertama Embarkasi Padang diterbangkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah, Senin (5/6/2023) dinihari.


Keberangkatan kloter pertama tersebut dilepas oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bersama anggota DPR Komisi VIII, Muhammad Asli Chaidir, Dirjen PHU, Kakanwil Kemenag Sumbar, forkopimda dan sejumlah pejabat di lingkup pemprov, Minggu (4/6/2023) di Asrama Haji Embarkasi Padang.

Gubernur Mahyeldi menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji kepada para JCH, semoga menjadi haji yang mabrur dan selamat sampai kembali ke Tanah Air.

"Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur dan bisa kembali kekampung halaman dengan selamat dan sehat," ucap Gubernur Mahyeldi.

Ia menyebut, ibadah haji merupakan Rukun Islam yang kelima, maka gunakanlah waktu selama 40 hari itu dengan baik untuk memperbanyak ibadah seperti berzikir, berdoa, bersedekah dan tawakal. 

Jadikan semuanya itu, sebagai upaya untuk meraih ridho dan rahmat dari Allah SWT agar menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Dikatakannya, setiap tahunnya dalam penyelenggaraan ibadah haji, pemprov bersama Kanwil Kemenag selalu hadir dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para JCH, mulai dari proses keberangkatan, pelaksanaan, hingga kedatangan kembali ke tanah air melalui tim pemandu haji daerah (TPHD) provinsi.

"Kita hadir dan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para JCH, semoga apa yang telah kita rencanakan dapat berjalan sesuai harapan," ungkapnya.

Gubernur Mahyeldi berpesan kepada para JCH agar terus meningkatkan semangat dan niat untuk beribadah semata-mata karena Allah SWT, jangan sampai ada pikiran, perasaan dan perbuatan yang dapat mengurangi nilai kesempurnaan ibadah haji.

Gubernur mengajak para JCH untuk senantiasa memelihara kesehatan diri, agar dapat maksimal dalam menunaikan ibadah.

Ia menuturkan, pada dasarnya ibadah haji bukan hanya merupakan ibadah batiniah tetapi juga ibadah lahiriah, yang membutuhkan kebugaran fisik dalam pelaksanaannya.

"Bapak dan ibu adalah duta bangsa. Oleh karena itu junjung tinggilah martabat bangsa, tunjukkanlah kepada dunia bangsa kita adalah bangsa yang bermartabat," pesannya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, Helmi melaporkan, total jumlah jemaah jaji Embarkasi Padang berjumlah 6.329 orang, dengan rincian 4.613 dari Sumbar dan 1.636 orang dari Bengkulu. Sementara untuk petugas kloter 80 orang.

"Dari jumlah 6.329 orang tersebut, 1.999 jemaah lansia, atau yang berusia di atas 65 dari Sumbar. Jemaah haji yang paling tua berusia 88  tahun," jelas Helmi

Sementara untuk jumlah kloternya, jemaah haji Embarkasi Padang akan diterbangkan dalam 17 kloter. Satu kloter terdiri dari 388 orang jemaah haji dan lima petugas. (adpsb)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama