Lewat Jalur SIMA, Unand Terima 2.386 Mahasiswa Baru


Wakil Rektor I Universitas Andalas Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Mansyurdin berikan keterangan pers di kampus Limau Manis, Padang, Kamis (8/6/2023).

PADANG-Universitas Andalas akan menerima 2.386 mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Masuk (SIMA) Unand. Peluang masuk perguruan tinggi itu dibuka bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil dalam seleksi sebelumnya.


Hal itu disampaikan Wakil Rektor I Universitas Andalas Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Mansyurdin dalam jumpa pers, Kamis (6/8/2023) di kampus Limau Manis, Padang.

"Jalur SIMA pada tahun ini terbagi menjadi enam bagian," katanya.

Masing-masing, SIMA akademik, SIMA prestasi, SIMA kerja sama, SIMA disabilitas, SIMA mahasiswa internasional dan SIMA kelas internasional.

Ditambahkan Prof Mansyurdin, untuk SIMA akademik, Unand menerima mahasiswa baru melalui dua sub jalur, yaitu menggunakan nilai UTBK SNBT dan sub ujian tertulis. Mahasiswa yang belum lolos pada jalur SNBT bisa masuk melalui jalur SIMA.

Universitas Andalas juga menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi lomba dan prestasi nonlomba.

"Khusus sub jalur prestasi nonlomba, Unand akan menerima mahasiswa hafidz Alquran minimal hafal 10 juz dan calon mahasiswa yang mempunyai prestasi bakat kepemimpinan," kata Mansyurdin.

Jadwal pelaksanaan SIMA prestasi, pendaftaran 15-22 Juni 2023. SIMA akademik menggunakan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dilaksanakan 15-22 Juni 2023.

Pendaftaran SIMA akademik ujian tertulis dan SIMA kelas internasional 15-27 Juni, ujian menggambar 2 Juli, ujian offline 3-4 Juli 2023 dan SIMA kerja sama dan disabilitas dibuka pada 1-12 Juli 2023.

Tahun ini, universitas tersebut menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, SNBT, SNBP dan SIMA Unand. Untuk SNBP 1.976 orang, SNBT 3.059 dan SIMA 2.386 mahasiswa baru. (ZK)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama