Pemkab Solok Adakan Solok Bimtek Penyusunan RPJPD 2025-2045

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok buka bimtek


SOLOK-Pemerintah Kabupaten Solok menggelar bimbingan teknis penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 di Chinangkiak Dream Park Singkarak, Kamis (2/11/2023). Bimtek itu dibuka bupati diwakili Sekretaris Daerah Medison.


Kepala Barenlitbang, Desmalia Ramadhanur selaku ketua pelaksana mengatakan, bimbingan teknis itu diikuti 40 peserta yang berlangsung selama tiga hari, 1-3 November 2023. 

Sebelumnya, pelaksanaan bimtek telah dilakukan pemaparan materi oleh Bapenas tentang Penyelarasan RPJPD dengan RPJPN. Kemudian dilanjutkan zoom meeting bersama Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri yang membahas materi tentang teknis penyusunan RPJPD. 

Narasumber dalam bimbingan teknis tersebut adalah Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri.

Sekretaris Daerah Medison mengatakan, kegiatan RPJPN akan menjadi acuan dalam menyusun RPJPD yang akan terbagi dalam siklus lima tahunan.

Sebelum masuk ke program penyusunan RPJPD berikut, harus ada evaluasi terlebih dahulu, karena dari evaluasi itulah nantinya dapat dilihat capaian RPJPD sebelumnya dan akan terlihat keberlanjutan untuk RPJPD 2025-2045.

"Dalam menyusun RPJPD, kita menerima  masukan dari pakar, akan tetapi tentunya yang lebih tahu tentang potensi dan kondisi daerah adalah kita semua," katanya.

Dikatakan Medison, perencanaan itu futuristik yang menginginkan sesuatu yang sempurna, namun perlu diingat adalah pemerintah daerah yang penuh dengan keterbatasan, baik itu keterbatasan SDM, pendanaan maupun kerangka kebijakan.

"Oleh karena itu, dalam menyusun perencanaan tidak perlu yang muluk-muluk akan yang realistis untuk dicapai sehingga dapat dirasakan manfaatnya," kata dia. (clara)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama