Terbukti Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar, Pacu Jawi Wajib Dilestarikan

Jawi yang akan ikut dalam lomba di Nagari Padang Laweh. (prokopim)


BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar Eka Putra menutup secara resmi alek Pacu Jawi Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Sabtu (30/12/2023) di Sawah Nunggadiang, Nagari Padang Laweh. 


Bupati menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas terlaksananya event anak nagari dengan aman, lancar dan meriah yang banyak dikunjungi masyarakat. 

"Ini merupakan event wisata di penghujung 2023. Saya melihat antusias masyarakat untuk menyaksikannya sangat luar biasa, bahkan juga dikunjungi dari perantau yang tergabung dalam IKPL  Padang," katanya yang dikutip dari keterangan pers Prokopim Setda Tanah Datar.

Dikatakan bupati, alek pacu jawi merupakan event wisata di Tanah Datar yang sudah menjadi tontonan dan kunjungan wisata domestik dan luar negeri. 

"Alek pacu kawi menjadi kebanggaan kita masyarakat Tanah Datar, karena menjadi salah satu objek kunjungan wisatawan, tentu budaya ini harus kita lestarikan untuk masa yang akan datang, " sampainya. 

Tidak itu saja, tambah Bupati Eka,  di samping sebagai event wisata, alek pacu jawi juga sebagai ajang silaturahmi pemerintah daerah dengan masyarakat maupun antara sesama masyarakat. 

Ketua pelaksana Oki Sutrisno Dt. Mangkuto Simarajo menyampaikan terima kasih atas kesempatan Bupati Eka Putra untuk menutup Alek Pacu Jawi Nagari Padang Laweh. 

"Alhamdulillah sudah empat kali hari Sabtu semenjak 9 Desember kemarin kita laksanakan dengan aman dan lancar. Terima kasih atas dukungan semua pihak dalam menyukseskan kegiatan ini, " kata dia. 

Wali Nagari Padang Laweh Rahmad Febri Jeni Dt. Barah Bangso juga menyampaikan hal yang sama. "Ini menjadi event kebanggaan Nagari Padang Laweh dan Insya Allah akan kita pertahankan dan kita lestarikan, " kata dia.

 Ketua PORWI Tanah Datar Aresno Dt. Andomo menyampaikan, alek pacu jawi merupakan salah satu event wisata yang sejalan dan mendukung program kepariwisataan di Tanah Datar. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama