Wagub Sumbar Beri Kuliah Umum di ITEBA Batam

Wagub Audy beri kuliah umum dalam wisuda tamatan ITEBA. (pemprov)



BATAM-Wakil Gubernur Sumatera Barat  Audy Joinaldy, menekankan pentingnya lulusan perguruan tinggi beradaptasi dengan kebutuhan zaman, serta memiliki softskill untuk menggapai kesuksesan di dunia kerja. 


Hal itu disampaikan Wagub Audy saat memberikan kuliah umum pada wisuda II Institut Teknologi Batam (ITEBA), Kepulauan Riau, Sabtu (16/12/2023).

Wagub Audy menyebutkan, perubahan yang sangat besar telah terjadi di dalam dunia industri saat ini. Terutama sekali terkait peran yang dimainkan internet of things (IoT) dalam transformasi industri.

“Menyikapi itu, sangat penting bagi kita untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kebutuhan zaman. Sebab, dunia kerja, persaingan, dan lingkungan kerja juga berubah,” kata Audy yang dikutip dari siaran pers Biro Adpim Setdaprov Sumbar.

Wakil gubernur memberi kuliah umum dengan judul Tantangan dan Peluang Lulusan Perguruan Tinggi di Era 4.0. Audy juga memberi penekanan pada pentingnya softskill sebagai kunci utama kesuksesan di dunia kerja. 

"Soft skill menjadi kunci utama kesuksesan di tempat kerja, memiliki kontribusi sebesar 85 persen dari keseluruhan kesuksesan, sementara teknis skill hanya sekitar 15 persen. Oleh karena itu, kita harus siap beradaptasi dengan perubahan di lingkungan kerja yang dinamis ini," kata dia.

Tidak hanya memberikan kuliah umum, Wagub Audy juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Politeknik Pariwisata Batam dengan Pemprov Sumbar dan antara Institut Teknologi Batam dengan Pemprov Sumbar. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama