Bupati Solok Hadiri Bakua Adat di Aripan

 Bupati Epyardi Asda beri sambutan


ARIPAN-Acara adat bakaua ka tampek manjapuik baniah masih lestari di Nagari Aripan, Kabupaten Solok. Acara itu digelar masyarakat Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kamis (25/1/2024). Bakaua adat itu dihadiri Bupati Epyardi Asda, anggota DPR-RI Athari Gauthi Ardi dan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Syahrial.


Kegiatan yang  merupakan tradisi turun temurun   masyarakat  Aripan tersebut dipusatkan di kawasan Cagar Budaya Makam Gobah Angku Boyok, Jorong Pintu Rayo. Acara diawali dengan pidato adat oleh niniak mamak setempat. 

Ketua KAN Aripan, Herman Datuk Batuah menyebutkan, bakaua adat itu merupakan tradisi turun temurun masyarakat Nagari Aripan yang digelar tiap tahun guna mengungkapkan rasa syukur.  Tradisi itu tetap bertahan di tengah kemajuan zaman.

Ia mewakili masyarakat Aripan, meminta kepada Bupati Solok untuk pembenahan kawasan Tampek Manjapuik Baniah sebagai salah satu warisan budaya di Nagari Aripan.

Bupati Epyardi Asda mendukung tradisi yang turun temurun ini terus dilestarikan.

Dikatakan Epyardi, Pemerintah Kabupaten Solok bertanggung jawab atas kemaslahatan umat. Untuk kawasan cagar budaya akan diperhatikan guna kemajuan dan mempertahankan budaya.

Dikatakan bupati, Kabupaten Solok sedang membangun dan sudah mulai menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. Hal itu dilihat dari beragam penghargaan dan prestasi yang didapatkan.

Usai acara, bupati serahkan 500 paket sembako pada masyarakat. (clara)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama