Gunung Marapi Berstatus Siaga, Bupati Agam Minta Warga Waspada

Imbauan yang dikeluarkan Bupati Agam


AGAM-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status Gunung Marapi dari level waspada menjadi level siaga.


Dengan status tersebut, Bupati Andri Warman mengimbau warga untuk berhati-hati dan waspada dengan tidak beraktivitas di sekitar Marapi.

“Sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Marapi, maka masyarakat diminta tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan dengan radius 4,5 KM dari puncak Gunung Marapi,” ujarnya, Kamis (11/1/2024).

Untuk masyarakat yang tinggal di bantaran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang terjadi, terutama saat musim hujan.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diminta untuk menggunakan masker agar terhindar dari risiko penyakit pernafasan. 

“Diimbau juga untuk mengamankan sarana air bersih, serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak terjadi kerusakan,” ucapnya.

Bupati juga mengimbau seluruh pihak agar menjaga suasana kondusif, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak terpancing isu yang tidak jelas sumbernya, dan selalu mendengarkan arahan dari pihak terkait. 

“Semoga bencana ini cepat berlalu dan Marapi kembali membaik sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” harapnya. (HR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama