Kado Indah Syamsul Azwar untuk Nagari Batang Barus

Syamsul Azwar


SOLOK-Calon anggota DPRD Kabupaten Solok dari Partai Amanat Nasional, Syamsul Azwar merupakan mantan Wali Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang.


Dia ingin melanjutkan pengabdian di jalan yang lain. Dia mundur sebagai wali nagari dan maju menuju kursi legislatif. Lalu, apa yang diperbuat Syamsul Azwar selama jadi wali nagari?

Selama kepemimpinan di Batang  Barus, dia mampu meningkatkan indeks desa membangun (IDM). Syamsul Azwar mampu menjadikan Batang Barus sebagai Nagari Mandiri dan Partisipatif di 2023. 

Ini dibuktikan dengan piagam penghargaan dari Kementerian Desa dan Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Barat. Prestasi Syamsul Azwar selama sepuluh tahun memimpin  merupakan sebuah persembahan kado terindah untuk masyarakat Nagari Batang Barus di akhir kepemimpinannya. 

Nagari Batang Barus di akhir 2023 kembali mendapatkan piagam penghargaan dan menerima Lencana Desa Mandiri. Penghargaan tertinggi status Desa Mandiri ini berdasarkan keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Indonesia Nomor 175 tahun 2023.

Piagam penghargaan dengan Nomor 5707/KPG.02.06/2023 diberikan kepada Syamsul Azwar selaku wali nagari/kepala desa Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang ditandatangani Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

"Penghargaan diberikan atas komitmen dan kerja keras wali nagari dalam memimpin roda pemerintahan," kata Syamsul Azwar.

Nagari Batang Barus sejak dipimpin Syamsul Azwar memang bertaburkan prestasi di berbagai sektor, mulai dari pelayanan yang cepat, ramah dan santun kepada masyarakat dengan mengiringi perkembangan teknologi. Nagari Batang Barus telah menggunakan barcode tanda tangan untuk memudahkan pelayanan buat masyarakatnya. 

Dalam menjalankan roda pemerintahan nagari kepemimpinan Syamsul Azwar juga terbilang terbaik dan sangat partisipatif. Ini ditandai setiap tahunnya mendapatkan pengakuan piagam dari Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatera Barat. Pada 2023, Nagari Batang Barus masih mampu mempertahankan predikat sebagai nagari partisipatif.

Selama sepuluh tahun Syamsul Azwar telah mampu mengangkat dua tingkat IDM Nagari Batang Barus, mulai dari status nagari maju ke berkembang dan nagari mandiri. Status ini juga hisa berubah dan turun bila tak mampu mempertahankannya. 

"Awal memimpin di Nagari Batang Barus pada 2013 berstatus sebagai nagari maju, tiga tahun memimpin naik menjadi nagari berkembang dan akhir 2023 menyandang predikat nagari mandiri. Ini cukup melalui sebuah perjuangan dan proses yang panjang. Penghargaan ini adalah piagam masyarakat dan kerja keras tim pemerintahan nagari, semoga ini bisa dipertahankan untuk masa masa yang akan datang," kata Syamsul Azwar yang tak lagi menjabat di awal Oktober 2023. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama