Tim Cha-ching Curriculum Internasional Kunjungi Dua Sekolah di Kota Solok

Tim Cha-ching Curriculum Internasional bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok dan jajaran


SOLOK-Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku keuangan kepada generasi masa depan. 


Tujuan kerja sama lainnya, berupa penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan,  menunjukkan edukasi finansial sebaiknya dimulai sedini mungkin karena anak-anak sudah mulai mengembangkan kemampuan dasar untuk mengelola keuangan sejak usia tujuh tahun.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Irsyad, Senin (15/1/2024). Kerja sama melibatkan SDN 03 Kampung Jawa dan SDN 09 PPA. Kedua sekolah itu dipercaya menjadi sekolah penggerak Cha-Ching Curriculum Internasional. 

Penerapan kurikulum ini terbukti efektif dalam meningkatkan antusiasme dan keaktifan pelajar dalam proses pembelajaran. Tim Cha-Ching Curriculum Internasional, termasuk Management Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, melakukan pemantauan langsung terhadap penerapan kurikulum ini di sekolah-sekolah tersebut.

Cha-Ching Curriculum merupakan kurikulum berbasis pengelolaan keuangan yang mengajarkan konsep dasar pengelolaan keuangan kepada siswa usia 7-12 tahun. Konsep dasar tersebut meliputi memperoleh (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate). 

Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan manajemen keuangan kepada anak-anak tetapi juga membantu membangun masa depan yang lebih aman bagi mereka dan keluarga mereka, sehingga diharapkan nantinya mereka akan lebih bertanggung jawab dalam menggunakan uang. 

“Kedatangan mereka untuk mengamati secara langsung penerapan Cha-ching di sini. Alhamdulillah, kita dipilih sebagai sekolah yang layak untuk dimonitor dan dievaluasi secara langsung Tim Cha-ching Curriculum Internasional, “ ujar Kepala SDN 03 Kota Solok, Aspit.

Aspit menjelaskan, Cha-ching Curriculum merupakan kurikulum berbasis pengelolaan keuangan. Siswa usia 7-12 tahun diperkenalkan konsep dasar pengelolaan keuangan. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama