Hadirkan Narasumber Kompeten, Pimpinan dan Anggota DPRD Padang Ikuti Bimbingan Teknis

Ketua DPRD beri sambutan 

PADANG-Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas pada masa sidang pertama 2024. Bimbingan teknis itu menghadirkan narasumber yang kompeten yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri dan perguruan tinggi.


Bimbingan teknis itu mengusung tema optimatisasi peran DPRD dalam pelaksanaan, pengawasan dan pembangunan berkelanjutan yang berorientasi pada kepentingan rakyat.

Bimbingan teknis  digelar mulai Senin, 29 Januari 2024 berlangsung selama tiga hari kerja di Hotel Grand Royal Denai, Bukittinggi.

Menurut Sekretaris DPRD, Hendrizal Azhar, narasumber yang dihadirkan merupakan perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri dan pakar di bidangnya.

Ia memastikan materi bimbingan teknis sesuai dengan perkembangan informasi dan regulasi terkini.

Dikatakannya, metode pembelajaran mengusung pendekatan andragogi, dengan penyampaian materi, presentasi, dan diskusi antara peserta dan narasumber untuk meningkatkan semangat peserta mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini.


Narasumber beri pemaparan

Peserta bimbingan teknis terdiri dari 45 anggota DPRD, pejabat struktural dan staf pelaksana sekretariat.

Sekretaris DPRD menjelaskan, terselenggaranya bimbingan teknis ini adalah pendalaman tugas.

“Ini merupakan implementasi dari Pasal 28 Peraturan Pemerintah Nomor 16/2010 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD,” terangnya.

Hendrizal Azhar menambahkan, keikutsertaan dalam Bimtek Pendalaman Tugas adalah hak bagi anggota DPRD selama masa jabatannya.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan anggota DPRD yang aspiratif, transparan, akuntabel, dan efektif dalam menjalankan tugas kedewanannya.

Dengan pelaksanaan bimbingan teknis tersebut diharapkan anggota DPRD dapat lebih memahami dan mendalami tugas-tugasnya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Ini juga sejalan dengan semangat untuk mewujudkan lembaga legislatif yang profesional dan berdaya saing," kata dia.


Ketua Syafrial Kani bersama anggota dewan

Ketua DPRD Syafrial Kani menyampaikan, bimbingan teknis tersebut memiliki arti penting dalam meningkatkan wawasan dan kemampuan anggota DPRD, terutama dalam menjalankan tugas sebagai perwakilan rakyat.

Materi yang diangkat  mencakup perencanaan APBD, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD, kapasitas anggota DPRD purna bakti, serta hak dan kewajiban anggota DPRD pada akhir masa bakti.

Syafrial Kani berharap peserta dapat mengikuti Bimtek dengan serius dan sungguh-sungguh.

Dia menambahkan, bimbingen teknis itu akan memberikan manfaat bagi peserta dalam peningkatan profesionalisme dan kinerja sebagai anggota DPRD Padang.

Foto bersama usai pembukaan bimtek

Pimpinan DPRD menyampaikan terima kasih kepada ketua LPPM STIA LPPN Padang, Yenni Jufri beserta staf atas dukungan, hingga bimtek bisa terselenggara. (adv)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama