Enak Banget, Ini Cara Bikin Bakwan Sayur Udang Enak dan Renyah

Bakwan udang. (sindonews)

PADANG-Ramadan sebentar lagi. Berbuka merupakan saat yang membahagiakan setelah seharian berpuasa. Ramadan merupakan bulan istimewa.

Jelang berbuka, meja makan pasti penuh dengan hidangan. Tak perlu makanan mahal, yang penting banyak kuliner yang bisa dinikmati.

Berbuka bukan soal mewah. Makanan sederhana yang dibikin sendiri tak masalah. Yang penting keluarga bahagia. Salah satu makanan favorit rakyat Indonesia adalah bakwan.

Bakwan bisa dibikin biasa saja. Berikut cara bikin bakwan yang enak. Yuk, bikin bakwan sayur udang. Bakwan yang satu ini tak berminyak. Kamu dijamin auto ketagihan. Bakwan yang satu ini tidak berminyak.

Bahan yang harus disiapkan, adalah udang.  Langka pertama, buang kepala udang itu. Kemudian, lumuri udang selama 15 menit dengan garam secukupnya. 

Setelah udang beres, lengkapi dengan sayur. Sayuran yang digunakan adalah wortel dan toge. Kenapa  tidak pakai atau kubis atau kol, karena bahan itu menyerap minyak banyak. 

Bahan bikin bakwan udang: 

- Udang 1 ons yang digaramin

- 250 gram wortel

- 75 gram kecambah

- dua batang daun seledri

Bumbunya, empat siung bawang merah, tiga siung bawang putih dan satu sendok teh merica. Semua bumbu itu diblender.

Kemudian, siapkan tepung terigu 250 gram, tepung beras lima sendok makan. Gunakan baking powder setengah sendok teh dan penyedap satu sachet. 

Lalu, bumbu yang sudah diblender campurkan ke tepung, lalu beri air 375 mililiter  dan pastikan tingkat kekentalan jangan terlalu lembek dan terlalu cair.

Dikutip dari YouTube Dapur  Rayyanka, selanjutnya kasih mentega satu sendok makan yang sudah dilelehkan  supaya tidak menyerap minyak dan cruchy maksimal. Lalu masukkan sayuran yang sudah dipoton tadi. Masukkan wortel, toge,  dan daun bawang.

Selanjutnya masuk ke poses penggorengan. Siapkan cetakannya bakwannya. Gunakan api yang sedang. Ambil satu sendok tarok udang di atasnya dan tekan supaya lengket ke tepung an masukkan ke minyak. 

Goreng sampai berwarna kuning kecokalatan dan jangan lupa dibolak balik. 

Selamat mencoba dan menikmati. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama