Kota Solok Raih Penghargaan Adipura 2023 untuk Lingkungan Hijau

Walikota Solok, Zul Elfian Umar dengan Piala Adipura.


KOTA SOLOK-Pemerintah Kota Solok berhasil meraih kembali penghargaan bergengsi dalam bidang lingkungan dengan meraih Penghargaan Trophy Adipura tahun 2023 kategori kota kecil dari Menteri Lingkungan Hidup RI.


Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Wamen LHK, Alue Dohong, Ketua dan Anggota Dewan Pertimbangan Adipura, para Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia.

"Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya menegaskan Adipura merupakan Agenda Nasional, dan program ini juga merupakan instrumen penting dalam mendukung pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs). Program Adipura diharapkan menjadi katalisator untuk pencapaian target SDGs di 2030," ujarnya.

Dalam konteks Adipura dan HPSN 2024, Pemerintah Kabupaten dan Kota didorong untuk menciptakan pola kerja dan sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi secara berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi. 

Selain itu, penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu dan berkelanjutan dari hulu sampai hilir di Kabupaten/Kota didorong mulai tahun 2023 untuk mewujudkan Zero Waste Zero Emission, sebagai bagian dari upaya Indonesia dalam mencapai target NDC Nasional 2030.

Pada 2023, sebanyak 259 kabupaten/kota se-Indonesia telah dimonitor, yang merupakan 50,39% dari total 514 kabupaten/kota. Hasil pemantauan dan penilaian Adipura Tahun 2023 menunjukkan bahwa lima kabupaten/kota meraih Anugerah Adipura Kencana, sementara 106 kabupaten/kota, termasuk Kota Solok Sumatera Barat, meraih penghargaan Adipura. Kota Solok telah meraih penghargaan serupa sebanyak 11 kali.

"Saya mengapresiasi peningkatan jumlah daerah yang meraih penghargaan Adipura sebesar 32,5% dan peningkatan kinerja pengelolaan sampah pada tahun 2023," kata Siti Nurbaya.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menegaskan pentingnya terus menyempurnakan kebijakan dan Program Adipura, terutama dalam mencapai target Jakstranas sebesar 100% pada tahun 2025, pemenuhan target NDC Tahun 2030, dan Zero Waste Zero Emission Tahun 2050.

Walikota Solok menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak dalam meraih penghargaan tersebut. 

"Ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah," ujar Walikota.

Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan pengelolaan sampah demi kesejahteraan Kota Solok dan lingkungan sekitarnya. (sis)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama