Pemerintah Kota Bukittinggi Dukung Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII

Wali Kota Erman Safar


BUKITTINGGI-Pemerintah Kota Bukittinggi mendukung Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII tingkat Kota Bukittinggi tahun 2024 yang dilaksanakan di bulan Maret setiap tahunnya.


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ketika membuka Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII tingkat Kota di Balairung Rumah Dinas Walikota di Belakang Balok, Selasa (19/3/2024) mengatakan Dasawisma menjadi jejaring terkecil di tengah masyarakat yang  mampu mendukung terwujudnya program pemerintah.

Dikatakan, dasawisma yang sudah terafiliasi dengan pemerintah semestinya harus dilegitimasi menjadi kelompok  usaha  sehingga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi  mengeluarkan surat keputusan agar terwujud kelompok usaha dasawisma  sehingga berpeluang menerima bantuan untuk berusaha bersama yang dikelola oleh Dinas Sosial Kota Bukittinggi, dan dinas terkait lainnya.

Faktor ekonomi  menjadi penyumbang terbesar permasalahan yang dihadapi keluarga, serupa keharmonisan, kemandirian dan tingkat pendidikan sebuah keluarga.

Walikota Bukittinggi minta jajaran PKK dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan untuk melakukan restrukturisasi dasawisma  usai lebaran Idul Fitri mendatang, dikarenakan terdapatnya cukup banyak program yang akan dilaksanakan di tahun ini.

“Dasawisma dengan kelompoknya yang sudah terafiliasi  dengan pemerintahan  ini mestinya diberikan legitimasi dalam bentuk kelompok usaha. Bisa kan ibu Kadis Nauli  agar kelompok dasawisma ini dibuatkan surat keputusan sebagai kelompok usaha bersama juga, kemudian diberikan bantuan usaha bersama,”ujarnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi Nauli Handayani menyebutkan  dasawisma merupakan kelompok ibu-ibu yang terdiri dari 10 Kepala Keluarga (KK) dan bertetangga.

Disebutkan, kelompok dasawisma ini dibentuk dengan dilatarbelakangi  untuk membantu  pekerjaan pemerintah dalam upaya mensejahterakan dan meningkatkan kualitas keluarga.

Dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan program Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

“Kita kembali menyelenggarakan pencanangan bulan bhakti dasawisma di tingkat Kota Bukittinggi, kami laporkan undangan acara ini dihadiri  lebih kurang 400 orang, terdiri dari unsur pimpinan, istri Forkopimda, kepala OPD, pengurus TP PKK Kota, TP PKK kecamatan, TP PKK kelurahan, serta perwakilan dasawisma di Kota Bukittinggi,”jelasnya

Diketahui, pada pelaksanaan kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII tingkat Kota Bukittinggi tahun 2024 di Balairung Rumah Dinas Walikota Bukittinggi di Belakang Balok itu  Wali Kota Bukittinggi Erman Safar didampingi Ketua TP PKK Kota Fiona Agyta Erman Safar menyematkan salempang bagi Duta Dasawisma Kota Bukittinggi tahun 2024, dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pada lomba penilaian  dasawisma berprestasi tahun 2024.

Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi  optimis kelompok dasawisma ini terus bergerak dalam upaya  mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (LK/IKP)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama