Sempat Naik, Harga Beras Mulai Stabil di Dharmasraya


Pasar tradisional dan Kepala Dinas UKM Perdagangan Dharmasraya

DHARMASRAYA-Harga sembako pada sejumlah pasar di Dharmasraya kini mulai stabil. Sebelumnya, harga beras sempat melambung tinggi. Harga beras tersebut berangsur turun.


Kepala Dinas UKM Perdagangan Dharmasraya, Ronny Puska di ruangan kerjanya, Kamis (29/2/2024) mengatakan, secara umum harga sembako bergerak fluktuatif. "Kadang naik, kadang  turun, tergantung pada pasokan dan permintaan," katanya.

Fluktuasi harga itu lantaran cuaca, sehingga memengaruhi produksi di tingkat petani. Berdasarkan pantauan di pasar tradisional, harga beras kualitas nomor satu Rp17.000 per kilogran. "Beras dengan kualitas nomor dia 14.000 perkiogram," ujar kepala dinas.

Dinas tersebut rutin menurunkan tim pemantau harga ke pasar. Hal itu diperlukan guna mengumpulkan bahan untuk pengambilan kebijakan terhadap sembako.

Beras yang mulai bergerak turun, beda halnya dengan cabe yang masih Rp80.000 kilogram, sementara cabe hijau Rp70.000 perkilogram.

"Dalam beberapa minggu ini, untuk Dharmasraya harga sembako belum tergolong naik terlalu tinggi dan masih ambang kewajaran," kata kepala dinas. 

Kenaikan harga rutin terjadi tiap menjelang Ramadan.

Selama Ramadan, Dinas UKM Perdagangan Dharmasraya dan Dinas Pangan Perikanan dan intasi terkait akan mengadakan operasi pasar. "Nanti waktunya kita tentukan," katanya. (eko)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama