Tim Penggerak PKK Bukittinggi Akan Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar


BUKITTINGGI-Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bukittinggi  ingin bulan bhakti dasawisma VIII tingkat kota  tahun 2024 di bulan Maret ini mendapatkan perhatian dan dukungan penuh stakeholder.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar, Jumat (22/3/2024) mengatakan setiap bulan Maret dalam setahun dicanangkan pelaksanaan bulan bhakti dasawisma termasuk di Kota Bukittinggi.  Pada bulan bhakti dasawisma itu dilaksanakan 10 kegiatan pokok PKK  yang dikoordinir oleh secretariat di Kelompok Kerja (Pokja) 1 hingga Kelompok Kerja (Pokja) 4.

Dikatakan, dasawisma adalah 10 sampai 20 rumah  yang berdekatan dalam satu RT, dimana keseluruhannya melaksanakan 10 program pokok PKK untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Ia menambahkan kelompok dasawisma  juga bertugas untuk mendata seluruh rumah  yang ada pada masing –masing kelompok  dan selanjutnya diberikan ke kelurahan dengan mendapat pendampingan oleh TP PKK Kota.

“Setiap Maret dalam setahun dilaksanakan bulan bhakti dasawisma, jadi kelompok dasawisma melaksanakan 10 program pokok PKK, itu dibantu koordinasinya oleh Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4 PKK Kota.  Kita ingin terwujud peningkatan kesejahteraan keluarga di setiap kelompok dasawisma,”ucapnya

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar menyebutkan pihaknya optimis setiap tahun terjadi peningkatan jumlah dasawisma di daerah ini, minimal hingga akhir tahun 2024 mendatang.

Disebutkan, hingga  Maret 2024 ini di Kota  Bukittinggi terdapat 1.071 dasawisma.

“Kami yakin jumlah dasawisma di Kota Bukittinggi dapat meningkat hingga di penghujung tahun 2024. Sekarang jumlah dasawisma di Kota Bukittinggi hingga Maret 2024 sebanyak 1.071,”katanya

Istri Walikota Bukittinggi ini menyampaikan bahwa tingkat klasifikasi dasawisma di Kota Bukittinggi setiap tahunnya tidak mengalami perkembangan, dikarenakan  pada tahun 2023  sebanyak 404 dasawisma dengan klasifikasi tumbuh, 444 dasawisma dengan klasifikasi berkembang, dan 223 dasawisma dengan klasifikasi maju.

“Diharapkan juga pada setiap kelompok dasawisma aktif  pada kegiatan di masing-masing kelompok dasawisma  sehingga dari klasifikasi yang tumbuh bisa meningkat menjadi berkembang, dan klasifikasi berkembang bisa meningkat menjadi maju.

TP PKK Kota Bukittinggi minta peran aktif jajaran PKK di tingkat RT/RW, kelurahan dan kecamatan untuk pengembangan kelompok dasawisma yang ada di daerah ini. Kegiatan dasawisma di Kota Bukittinggi  saat ini sudah didukung dengan penggunaan aplikasi “great dasawisma”, aplikasi itu mampu memberikan informasi data dasawisma se-Kota Bukittinggi. (LK/IKP)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama