Dinas Lingkungan Hidup Pemko Solok Adakan Sosialiasi

 


Kota Solok - Pemko Solok mengharapkan keseriusan setiap OPD dalam mengikuti kegiatan, karena dengan selesainya sosialisasi ini maka dokumen yang disusun akan menunjang dalam kebutuhan validasi RPJP yang tengah disusun oleh Bappeda.

Hal itu di katakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Edrizal saat menggelar sosialisasi Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), kegiatan berlangsung selama 2 hari di Aula Balitbang, Rabu (24/4/2024).

Guna mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan pemerintah daerah wajib melakukan pembuatan dan pelaksanaan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) maupun perubahannya serta rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) ataupun perubahannya.

KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/ atau kebijakan, rencana dan/ atau program.

Tata cara penyelenggaraan KLHS RPJPD/ RPJMD yaitu Persiapan dengan pembentukan tim pembuat dan pengumpulan data, Kemudian pembuatan KLHS serta pelaksanaan KLHS RPJPD.

Menurut Kadis Edrizal acara ini merupakan hari ke dua dalam penyusunan KLHS yang diswakelolakan dengan PSLH Unand, Kegiatni ini sebelumnya sudah dimulai sejak Selasa.

Edrizal mengatakan Kegiatan hari pertama adalah pemaparan dan pengisian blanko arah kebijakan mengenai Evaluasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Capaian TPB Kota Solok, menyusun Arah Kebijakan yang dilaksanakan oleh anggota Pokja instansi masing-masing dilakukan dalam bentuk diskusi dengan tim PSLH Unand.

Dihari kedua ini, masing-masing anggota tim diminta untuk memaparkan hasil dari arah kebijakan yang telat dibuat.

Maksud Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJPD ini untuk memastikan bahwa isu strategis, permasalahan dan sasaran strategis dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan termuat dalam RPJPD Kota Solok.

Menurut salah seorang Narasumber, Ardinis, Ia berharap keterlibatan seluruh OPD terkait sangat dibutuhkan, PSLH Unand sifatnya hanya membantu dan mendampingi, karena semua ini akan menjadi cermina wajah Kota Solok 20 tahun ke depan. 

Kegiatan ini diikuti oleh OPD terkait dengan menghadirkan 4 orang Narasumber dari PSLH Unand, Dr. Mahdi, Dr. Ardinis Arbain, Rahma Wirni, ST, M.Si, Dr. Eng. Firda Furqani, M.Sc. (sis)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama