Ribuan Warga Makan Durian dan Lamang di Festival Durian Solok Selatan

 Warga kunjungi festival durian di Pulau Mutiara Lubuk Gadang Utara, Solok Selatan 


SOLOK SELATAN-Ribuan warga makan lamang dan durian di Pulau Mutiara Lubuk Gadang Utara, Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Jumat (19/4/2024). Kegiatan itu merupakan puncak Festival Durian Solok Selatan yang diadakan pemerintah kabupaten setempat.

Sambil menikmati durian, masyarakat juga disuguhkan tausiyah serta hiburan, sekaligus menjadi ajang halal bihalal pemerintah kabupaten usai lebaran.

Bupati Khairunas mengatakan, pelaksanaan acara ini menjadi ajang silaturahim, saling mengunjungi seluruh masyarakat. Pasalnya, tak hanya dikunjungi oleh masyarakat Sangir saja, namun juga pengunjung dari nagari lainnya.

“Pelaksanaan kegiatan ini menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Solok Selatan, tak hanya ke tingkat Sumatera Barat, namun juga lintas nagari dan kecamatan,” kata Khairunas.

Festival itu diharapkan menjadi mendorong perekonomian daerah melalui pemberdayaan UMKM. Sebab targetnya, Solok Selatan tak hanya menjadi penghasil buah durian , namun juga menghasilkan beberapa produk olahan durian.

Dengan demikian, kabupaten itu tak hanya hasilkan durian mentah saja, namun juga bisa bersaing di pasar yang lebih luas dan varian produk yang lebih banyak pula melalui hilirisasi.

“Sudah muncul produk dari hasil program ini, yaitu dodol durian dan permen durian. Produk ini walaupun tidak musim durian namun ektraksi rasa duriannya masih dapat kita nikmati,” ungkapnya.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan even tahunan ini. “Apresiasi telah melaksanakan kegiatan ini dengan semangat kebersamaan. Festival ini yang ketiga dilaksanakan," kata dia. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama