Angkutan Pelajar Gratis di Kota Batu Resmi Beroperasi Mulai Hari Ini

Wali kota tinjau angkot untuk pelajar

KOTA BATU-Program angkutan umum gratis untuk para pelajar di Kota Batu resmi beroperasi mulai hari ini, Senin (6/5/2024). Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, turut hadir dan melihat hari pertama beroperasinya Angkutan Pelajar Gratis (Apel Gratis) di halaman Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Untuk merealisasikan program angkutan gratis ini, Pemerintah Kota Batu sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan aliansi pengemudi Mobil Penumpang Umum (MPU) dari berbagai trayek di Kota Batu. Tujuannya adalah memberikan fasilitas bagi para pelajar Kota Batu dan meminimalisir angka kecelakaan di kalangan pelajar.

Aries berharap program yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Batu ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, terutama setelah program angkutan gratis ini disosialisasikan kepada masyarakat luas dan sekolah-sekolah se-Kota Batu.

"Semoga program ini berjalan lancar. Program angkutan gratis sudah disosialisasikan kepada masyarakat agar anak-anak bisa memanfaatkan angkutan gratis ini saat berangkat sekolah. Tujuan utamanya adalah meminimalisir angka kecelakaan pelajar di jalan raya," kata Aries.

Hari ini, Aries juga melihat langsung para pelajar Kota Batu yang memanfaatkan fasilitas angkutan gratis di depan SMA Negeri 1 Batu.

"Alhamdulillah, banyak masyarakat yang sudah mengetahui dan memanfaatkan fasilitas ini. Semoga ke depan semakin banyak yang sadar akan pentingnya keselamatan lalu lintas bagi pelajar," tambah Aries.

Adapun jam operasional kendaraan angkutan gratis ini dibagi dalam tiga sesi. Untuk berangkat sekolah, jam operasional adalah pukul 05.30 - 07.00 WIB. Sedangkan untuk pulang sekolah, terdapat dua sesi, yaitu pukul 11.00 - 12.30 WIB, dan pukul 15.00 - 16.30 WIB.

Untuk membedakan dengan angkutan umum lainnya, mobil angkutan umum gratis ini dilengkapi dengan tanda khusus bertuliskan "Apel Gratis" (Angkutan Pelajar Gratis). Saat ini, layanan angkutan gratis hanya tersedia untuk para pelajar sesuai dengan 9 trayek yang telah ditentukan.

Trayek tersebut meliputi trayek BS (A) jurusan Batu-Songgoriti, trayek BS (B) jurusan Batu-Songgoriti, trayek BSS jurusan Batu-Selecta-Sumberbrantas, trayek BB jurusan Batu-Bumiaji, trayek BJL jurusan Batu-Junrejo-Landungsari, trayek BGK jurusan Batu-Giripurno-Karangploso, trayek BL jurusan Batu-Landungsari, trayek BG jurusan Batu-Gunungsari, dan trayek BTL jurusan Batu-Torongrejo-Landungsari. (rud)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama