Pemko Solok Adakan Malam Puncak Pemilihan Duta Genre


KOTA SOLOK - Melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Pemerintah Kota Solok kembali mengadakan Malam Puncak Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2024 pada Sabtu (25/5) bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok. pada Sabtu (25/5/2024)

Acara malam puncak apresiasi pemilihan Duta GenRe ini dibuka langsung Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, dan turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar yang diwakili oleh Koodirnator Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Dafid Arga, Forkopimda Kota Solok, Bunda GenRe Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani, Ketua DWP Kota Solok, Ny. Rida Syaiful, Kepala OPD se-Kota Solok, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Kepala SLTA, SLTP, dan Perguruan Tinggi, para orangtua dan keluarga finalis serta undangan lainnya.

Rangkaian kegiatan pemilihan Duta GenRe Kota Solok tahun 2024 ini telah dimulai sejak masa pendaftaran tanggal 1 Maret hingga 17 Mei 2024, tahapan seleksi tanggal 18 Mei 2024, dan dilanjutkan dengan tahapan karantina yang berlangsung selama lima hari pada tanggal 21 – 24 Mei 2024 hingga berakhir pada malam puncak apresaiasi Duta GenRe pada 25 mei ini.maka terpilihlah 20 finalis terbaik pada malam puncak pemilihan Duta GenRe ini yang terdiri dari 10 orang Putra dan 10 orang Putri.

Melalui proses penjurian secara cermat akhirnya terpilih pasangan Muhammad Alif yang merupakan perwakilan PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) SMKN 1 Kota Solok dan Zulfa Zuriati perwakilan PIK-R MAN Kota Solok sebagai pemenang I dan terpilih menjadi Duta GenRE Kota Solok tahun 2024.

Sementara juara II adalah pasangan Revaldo Movic perwakilan PIK-R SMKN 1 Solok dan Siti Dian Azizah perwakilan PIK-R SMAN 1 Kota Solok, serta juara III diraih Naufal Viqri Hidayatullah perwakilan PIK-R SMAN 1 Solok dan Cayla Putri Avev Atira perwakilan PIK-R SMAN 4 Solok.

Kepala Dinas PPKB Kota Solok, Ardinal, selaku ketua pelaksana pemilihan Duta Genre Kota Solok tahun 2024 mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang sangat antusias dan sangat bersemangat dalam mengikuti pemilihan Duta GenRe tahun ini dimana jumlah peserta yang mendaftar bahkan mencapai hampir dua kali lipat jumlah peserta dari tahun sebelumnya.

Ardinal mengatakan melalui Pemilihan Duta GenRe tahun 2024 yang merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Solok untuk menghasilkan remaja yang memiiki masa depan yang terencana ini benar-benar mampu melahirkan duta remaja yang bisa menyebarluaskan informasi tentang bagaimana kehidupan remaja yang terencana.

“Duta GenRe terpilih mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan dan konseling tentang kesehatan reproduksi dan seksual, gizi serta perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya di PIK remaja, serta meningkatkan partisipasi remaja secara nyata dan bermakna sebagai sumber informasi, pendidikan dan konseling bagi teman sebaya di wilayahnya,” harap Ardinal.

Wawako Solok, Ramadahani Kirana Putra, katakan peran-peran Duta Genre Kota Solok baik kepada kelompok mampun kepada masyarakat dan pemuda-pemudi dalam mengedukasi para remaja di seluruh pelosok Kota Solok ini.Pemerintah Kota Solok, melalui OPD masing-masing yang malam ini melalui Dinas PPKB akan terus berusaha menfasilitasi dan mendukung para remaja kita untuk berinovasi dan berkreativitas dengan seluas-luasnya. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama