Wali Kota Solok Serahkan Bantuan bagi Korban Bencana

Wali kota serahkan bantuan bagi korban bencana

KOTA SOLOK-Bantuan kemanusiaan ke daerah terdampak bencana banjir bandang dan lahar dingin di Bukik Batabuah, diserahkan langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar beserta rombongan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu, (15/05/2024)

Apapun Bantuan yang diberikan berupa uang tunai 15 juta serta beras sebanyak 1 ton dan 50 kardus mi instan. yang diserahkan di posko darurat bencana Bukik Batabuah, Kecamatan Candung, Kabupaten Agam.

Walikota Solok langsung bergabung karna Pada saat rombongan tiba sedang berlangsung dialog antara Pemerintah Pusat melalui BNPB, Anggota DPR RI, Gubernur Sumbar, Pangdam Bukit Barisan dan Kapolda dengan masyarakat yang menjadi korban bencana

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto menjelaskan, total korban meninggal dunia akibat banjir lahar di Sumatera Barat mencapai 58 orang. “Sementara korban hilang bertambah dari 27 menjadi 35 orang dalam pencarian,” ujar Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan resminya, Rabu (15/05).

Suharyanto, menerangkan terdapat 33 warga yang mengalami luka-luka dan kini sedang menjalani perawatan. Untuk jumlah pengungsi akibat bencana tersebut sebanyak 1.543 keluarga.

Dikatakan  Suharyanto pemerintah menyiapkan sejumlah solusi menyusul dampak kerusakan akibat bencana tersebut. Solusi tersebut di antaranya perbaikan jalur transportasi, modifikasi cuaca, hingga opsi relokasi rumah.

“Hari ini kami telah melihat langsung empat lokasi dan akan ditentukan langkah-langkah selanjutnya. Juga dilakukan pendataan kerusakan mulai dari rumah, fasos, fasum agar bisa segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki dalam jangka pendek, menengah, dan jangka panjang,” tambah Suharyanto.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menanggapi berbagai pertanyaan masyarakat terkait bencana ini  menjelaskan, “ Pemerintah akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat yang terdampak bencana, normalisasi sungai tentu akan segera kami survey dan lakukan koordinasi dengan Kanwil dan SDA, relokasi jika memang dibutuhkan segera kita cari lokasi yang cukup aman dan terkait bantuan agar masyarakat bisa terbuka dan memberikan data yang sebenarnya.

Setelah pertemuan dengan masyarakat, Walikota Solok yang didampingi Asisten I Setda Kota Solok, Nova Elfino dan Kalaksa BPBD, Herman menyerahkan bantuan uang sebesar 15 juta serta bantuan logistik yang juga ikut disalurkan dari Dinas Pangan dan Dinas Sosial Kota Solok dan diterima langsung oleh Sekda Kabupaten Agam, Edi Busti.

Selanjutnya dengan didampingi pejabat setempat Walikota mengunjungi langsung lokasi yang terdampak cukup parah. Disini terlihat masih cukup banyak sisa sisa kejadian berupa material batu, tanah, pohon yang terbawa air serta terlihat juga alat berat sedang membersihkan lokasi tersbut dibantu aparat dari TNI/ Polri. (sis)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama