Cegah Banjir, Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Bersihkan Sampah

Petugas bersihkan lingkungan


KOTA SOLOK-Kawasan di belakang Masjid Sahara Terminal Tanjung Paku dilakukan pembersihan selokan yang dipenuhi sampah oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup yang diakibatkan oleh curah hujan begitu tinggi, Rabu (15/05/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Asril, SE selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah Bahan Berbahaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas dengan melibatkan beberapa anggota PHL.

Terlihat dilokasi tim kebersihan membersihkan dan mengangkut sampah dari selokan. Pembersihan selokan yang berlokasi di keramaian tersebut merupakan upaya untuk mencegah banjir saat musim penghujan, sekaligus menjaga kebersihan saluran selokan.

” Karena sudah memasuki musim penghujan, apalagi curah hujan akhir akhir ini terbilang sangat tinggi, saluran selokan dan gorong-gorong yang tersumbat akibat sedimentasi dan tumpukan sampah harus dibersihkan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir,” kata Asril.

Asril katakan saluran selokan dan gorong-gorong yang mengalami penyumbatan akan dapat memicu terjadinya banjir dan menjadi lokasi bersarangnya sumber penyakit saat musim penghujan datang.

Asril mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Asril menerangkan Kalau hanya dari tim kebersihan membersihkan sampah terus-menerus yang dibuang sembarangan oleh masyarakat, persoalan sampah tidak akan pernah selesai. 

"Kami ajak semua terlibat, marilah kita bersama sama menciptakan kebersihan di daerah masing-masing agar tidak menimbulkan sarang penyakit dan kita secara sadar untuk selalu mendisiplinkan diri membuang sampah kepada tempat yang telah tersedia,” ujarnya. (sis)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama