Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang Menimpa 10 Kecamatan di Padang Pariaman


PARIT MALINTANG, MJ News - Kabupaten Padang Pariaman mengalami banjir, longsor, serta pohon tumbang di 10 kecamatan dari 17 kecamatan di daerah itu pada Rabu pagi akibat cuaca ekstrem.

”Berdasarkan data yang terhimpun hingga pukul 14.00 WIB tadi setidaknya ada 21 lokasi peristiwa bencana di Padang Pariaman,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulya di Parit Malintang, Rabu (29/1/2020) seperti dikutip dari antarasumbar.

Ia merincikan adapun bencana tersebut yaitu banjir di delapan lokasi, longsor sembilan lokasi, dan pohon tumbang empat lokasi.

Adapun lokasi banjir di daerah itu yaitu di Korong Duku, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau dan di Korong Sungai Sariak, Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan.

Selanjutnya di Korong Rukam Pauh Manis, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago dan Korong Kampung Tanjung, Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Lalu di Korong Kapalo Banda, Nagari Sungai Buluh Barat, Kecamatan Batang Anai serta di Korong Ujuang Rajang dan Korong Baruah, Nagari Kampuang Galapuang Ulakan, dan di Korong Padang Pauah, Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis.

Akibat bencana itu sejumlah rumah dan musala terendam banjir, jembatan rusak, dan bahkan ada jalan amblas sepanjang 200 meter.

Sedangkan longsor terjadi di Korong Lampajang, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau dan di Korong Sungai Janiah, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Selanjutnya di Korong Kolam Janiah dan Korong Lansano, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam serta di Korong Kampung Bonai, Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung.

Seterusnya Korong Kalampayan, Korong Guguak dan Korong Pasa Paingan, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau serta di Korong Kampung Pinang dan Korong Koto Tinggi, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging.

Akibat longsor tersebut sejumlah akses jalan tertutup material longsor, bahkan ada taman kanak-kanak tertimpa longsor, dan jalan amblas.

Untuk pohon tumbang terjadi di Korong Koto Rajo, Nagari Sunur Tengah, Kecamatan Nan Sabaris, selanjutnya di Korong Bayur, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Enam Lingkung.

Lalu di Korong Kampung Tanjuang, Nagari Kudu Gantiang, Kecamatan V Koto Timur dan di Korong Marantiah, Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai.

”Sampai sekarang belum ada laporan adanya korban jiwa akibat sejumlah bencana yang menimpa Padang Pariaman ini,” tambahnya. (*/eds)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama